Dewan Kapuas Hulu Belajar Ternak Sapi di Bima

Kabupaten Bima, Kahaba.- 34 rombongan Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat berkunjung ke Kabupaten Bima, dalam rangka studi banding pengembangan potensi peternakan.

Ilustrasi

Ilustrasi

Rombongan yang terdiri dari 22 Anggota DPRD, Staf Ahli Bappeda dan Staf Sekretariat Dewan itu berkunjung hanya satu hari.

“Yang dipelajari yakni ternak Sapi Potong yang sudah menjadi komoditas ekspor dan diketahui banyak daerah di Indonesia,” ujar Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bima, Ir. Baharuddin, Selasa (24/6).

Ia mengatakan, daerah awal yang dikunjungi yakni Desa Tangga Kecamatan Monta. Dilanjutkan ke Desa Risa, untuk melihat usaha perorangan dan kelompok ternak yang sukses mengembangbiakan sapi. ” Anggota DPRD dari berbagai komisi itu bertemu langsung dengan kelompok ternak dan berdialog untuk mengetahui cara penggemukan sapi,” katanya.

Kunjungan berikutnya, ke Desa Lewintana Kecamatan Soromandi. Para tamu tidak saja belajar cara berternak sapi, tetapi melihat langsung bagaimana kotoran hewan bisa diolah menjadi biogas.

Hasil olahan yang sudah berbentuk biogas tersebut digunakan sebagai sumber listrik untuk kebutuhan rumah tangga dan Home Industry.

Para tamu juga diperlihatkan cara persilangan Sapi Bali dan Sapi Lokal yang menghasilkan Sapi unggulan untuk menunjang kebutuhan daging.

“Meski kunjungan hanya satu hari, mereka sangat kagum dengan cara pengembangan ternak kita dan berencana untuk menerapkannya di Kapuas Hulu,” terangnya.

*BIN

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *