BBGRM Tambora, Program Pembangunan Disosialisasikan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Letak geografis Kecamatan Tambora yang relatif jauh dibandingkan 17 Kecamatan lainnya tidak menyurutkan langkah Bupati Bima Drs. H. Syafrudin HM. Nur. M.Pd bersama rombongan meneruskan Safari Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).

Bupati Bima memberikan pengarahan saat BBGRM di Kecamatan Tambora. Foto: Hum

Bupati Bima memberikan pengarahan saat BBGRM di Kecamatan Tambora. Foto: Hum

Kabag Humas dan Protokol Setda M. Chandra Kusuma, AP melalui rilisnya mengatakan, rangkaian BBGRM Kecamatan diawali Bupati Bima Drs. Jum’at malam (24/10), dengan melakukan sosialisasi program pembangunan untuk Kecamatan Tambora Tahun 2014 di halaman Kantor Camat setempat.

Bupati  memaparkan, anggaran yang telah dialokasikan dalam APBD Kabupaten Bima untuk Kecamatan Tambora sebesar Rp 26 Miliar. Kucuran dana itu dipergunakan pada sejumlah kegiatan,  yaitu rehab kantor Desa Oi Bura Rp 100 juta, rehab RKB SDN Sori Panihi Rp 122 juta, pembangunan TK. Toro II So Nae Desa Kawinda Nae Rp 70 juta.

Untuk mendukung pembenahan infrastruktur, melalui Dinas Pekerjaan Umum dilaksanakan program peningkatan jaringan irigasi So Nae Desa Kawinda Nae Rp 100 juta, peningkatan ruas jalan Sori Katupa hingga Kawinda Toi Rp 200 juta.

Sementara itu, melalui program PNPM Pembangunan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dalam dua tahun terakhir telah memberikan sumbangan nyata bagi peningkatan kualitas infrastruktur di kecamatan Tambora.

Pada Tahun 2013, program yang dikerjakan diantaranya peningkatan jalan ekonomi  di Labuhan Kananga Rp 85 juta, pembangunan talud jalan di Desa Oi Bura Rp 90 juta, pembangunan talud jalan di desa Oi Katupa Rp 86 juta.

Kemudian, pembangunan saluran drainase di Desa Oi Panihi Rp 98 juta, rabatnisasi gang yang berada di Desa Oi Panihi Rp 82 juta. Selanjutnya untuk program PPID untuk Kecamatan Tambora Rp 100 juta.

Pada Tahun 2014,  program PNPM PISEW telah dimanfaatkan untuk rehab saluran drainase di Desa Kawinda Toi Rp 42 juta, rehab jalan ekonomi di Desa Labuan Kananga Rp 50 juta, sehingga untuk program PNPM PISEW Tahun 2014, alokasi dana mencapai Rp 1,1 Miliar.

Bupati  berharap dengan banyaknya program yang dialokasikan di Kecamatan Tambora seluruh elemen masyarakat bersama Camat dan unsur Muspika dapat mengawasi dan mengawal kegiatan, sehingga program yang masuk di Kecamatan Tambora dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *