Dikes Gelar Pelatihan Sanitarian Handal

Kota Bima, Kahaba.- Berkomitmen menyiapkan sanitarian atau tenaga medis sanitasi yang handal, Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, Kamis (13/11) menggelar pelatihan khusus.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kegiatan di Aula Dikes Kota Bima melibatkan peserta sebanyak 20 orang dari sanitarian yang bertugas disemua Puskesmas se-Kota Bima.

Kepala Dikes Kota Bima, Drs. H. Azhari mengatakan, kegiatan pelatihan yang digagas itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sanitarian Puskesmas dalam mengelola klinik sanitasi.

“Selain itu, untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan keterampilan sanitarian serta mengetahui berapa Puskesmas yang aktif menajalankan klinik sanitasi di Puskesmas,” jelasnya.

Menurut dia, pelatihan juga sangat penting sebagai upaya untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs) Tahun 2015. Mengingat puskesmas mempunyai peran yang sangat penting, baik sebagai penanggungjawab maupun ujung tombak untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.

Dalam melaksanakan perannya, sambung Azhari, puskesmas melakukan empat upaya pelayanan kesehatan yakni promotif, preventif, curative dan rehabilitasi.

Sebab paradigma sehat yang merupakan paradigma untuk mencapai Indonesia sehat adalah paradigma pembangunan kesehatan yang lebih menekankan pada upaya promotive dan preventive.

“Oleh karena itu, keberadaan sanitarian sebagai sumber daya manusia yang mengelola klinik sanitasi sangat diharapkan dapat berperan secara maksimal di puskesmas untuk menanggulangi permasalan itu,” tandasnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *