Sekda Kabupaten Bima Buka Seminar Pendidikan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sekda Kabupaten Bima Drs. HM. Taufik HAK, M.Si, Selasa (9/6) di Aula SMKN 2 Kota Bima membuka secara resmi seminar pendidikan yang dihadiri Ketua Dewan Pendidikan, Kepala Dinas Dikpora,  Korwas, Kepala sekolah, guru dan para pengawas se – Kabupaten Bima.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs. H. Taufik HAK, MSi. Foto: Hum

Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs. H. Taufik HAK, MSi. Foto: Hum

Sekda dalam arahan mengatakan, ikhtiar bersama dalam mewujudkan lembaga pendidikan yang bermutu ditentukan oleh sinergitas  para pemangku kepentingan dan pemahaman menyeluruh terhadap peran  para guru, kepala sekolah dan Dewan Pendidikan.

“Ketiga elemen ini menjadi pilar utama pelaksana pendidikan harus berjalan selaras. Guru misalnya, dituntut memiliki tanggung jawab keilmuan, yakni menguasai bidang ilmu pengetahuan,  yang diampunya dan menguasai konsep dan metode pengajaran,” jelasnyaa melalui Rilis yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima M.Chandra Kusuma, AP.

Selain guru, elemen lainnya adalah masyarakat yang memiliki peran sangat penting terutama pada penanaman etika bersosial.  Hal penting yang perlu dilakukan adalah mengedukasi orang tua dan masyarakat tentang standar etika dan moral, azas dan norma yang berlaku di masyarakat. “Jika ini dilakukan, maka kualitas pendidikan Indonesia akan semakin baik,” jelasnya.

Pihak lainnya yang berperan dalam pendidikan, sambungnya, adalah pemerintah yang berwenang mencetak dan merekrut guru-guru yang berkualitas. Berkaitan dengan pentingnya memajukan dunia pendidikan, Komite sekolah dan Dewan Pendidikan sebagai mitra kerja sekolah dituntut memiliki kemampuan yang semakin optimal dalam menjalankan peran dan fungsinya.

Ia juga menghimbau kepada peserta seminar agar dapat mengikuti dengan baik dengan harapan dari kegiatan tersebut para guru dapat menerapkan ilmu yang didapat seminar ini untuk diterapkan di sekolah.

Sementara itu, Kadis Dikpora Kabupaten Bima Tajuddin, SH. Msi dalam pengantarnya menyampaikan, seminar tersebut merupakan salah satu bentuk Implementasi layanan mutu pendidikan demi peningkatan mutu SDM demi kemajuan pendidikan di daerah Kabupaten Bima.

Kemudian, Ketua Panitia Drs. H. Dahlan dalam laporannya mengemukakan, seminar diikuti 400 peserta dari guru dan kepala sekolah, para pengawas, para Kepala UPT. Forum ini ditujukan untuk  menyamakan persepsi diantara para pemangku kepentingan terkait bidang pendidikan sehingga tercipta kesamaan persepsi dalam membangun dunia pendidikan.

Untuk membekali peserta, panitia menghadirkan tiga orang narasumber  yang terdiri dari Ketua Dewan Pendidikan NTB Drs. H. Nurdin Ahmad M.Si, Akademisi STKIP Bima DR. H. Darwis. HAR, M.Si dan Dewan Pendidikan Kabupaten Bima H. Muhamad Iqbal, M.Pd.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *