Rehab TMP Palibelo Serap Dana Rp 2,1 Miliar

Kabupaten Bima, Kahaba.- Tidak lama lagi, masyarakat Bima akan menikmati hasil penataan Taman Makam Pahlawan (TMP) Palibelo yang pada tahun 1987 dipindahkan dari Taman Makam Pahlawan Data Kota Bima.

Sekda Pimpin Rapat Pembangunan TMP Palibelo. Foto: Hum

Sekda Pimpin Rapat Pembangunan TMP Palibelo. Foto: Hum

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi rencana rehabilitasi pembangunan TMP Palibelo Selasa (1/9) di ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Bima.

Pada rapat yang langsung dipimpin Sekda HM.Taufik HAK tersebut, dibahas secara rinci item yang akan dilakukan rehabilitasi yang akan menyerap anggaran Rp 2,1 Miliar dari dana APBN.

Di hadapan  Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima, Kadis Pekerjaan Umum, Bappeda, Bagian Administrasi Pembangunan, Administrasi Pemerintahan dan Bagian Sosial Setda.  Sesuai rencana teknis, pembangunan TMP yang berada di ruas jalan negara dia jalur  ini menyerap anggaran Rp 2,1 Miliar.

“Dari jumlah ini, Rp 1,8 Miliar akan dimanfaatkan untuk pembangunan fisik dan sisanya Rp 300 juta untuk administrasi kegiatan,” sebutnya.

Masih berdasarkan rencana teknis yang ada, di dalam lahan seluas 1,43 ha, akan dibangun sejumlah sarana yaitu pemagaran keliling kompleks TMP, tiang bendera, Tugu atau monumen, makam, pelataran upacara, semen makam dan nisan, ruang persemayam dan tembok abadi yang berisi nama pahlawan yang saat ini berisi 37 makam pahlawan.

Selain bagian dalam kompleks TMP, juga akan dilakukan penataan Pintu Gerbang,  taman dan lampu penerangan di areal kompleks,” jelasnya.

Ia menambahkan, rehabilitasi pembangunan TMP Palibelo diperkirakan memakan waktu pengerjaan 110 hari kalender dengan melibatkan konsultan perencanaan CV. Atalanta  dan tender akan dilaksanakan Minggu 11 September 2015.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *