Asik, Jaksa Masuk Sekolah

Kota Bima, Kahaba.- Jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Bima menyambangi dua sekolah di Kelurahan Kolo Kota Bima. Masing masing SMP Negeri 10 Kota Bima dan SMK 4 Kota Bima, Selasa (7/12). Kegiatan tersebut bermaksud sasialisasi program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) .

Jajaran Kejari Bima saat melaksanakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Foto: Ompu

Jajaran Kejari Bima saat melaksanakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Foto: Ompu

Dalam pemaparan didepan pelajar dan guru dua sekolah setempat, Kasi Intelijen Kejari Bima, Lalu Mohammad Rasydi mengatakan, pengaruh globalisasi terkini ada positif dan negatifnya. Sisi positif, sangat menguntungkan pelajar untuk menggali wawasan diperkembangan dunia.

Namun, pada sisi negatifnya tentu sangat memberatkan pelajar, salah satu contoh menggunkan media sosial untuk saling menghasut, menghujat, dan menyebarkan informasi yang membuat orang lain tidak nyaman. Alhasil, ketika ada yang tidak terima, maka akan diadukan ke ranah hukum

Selanjutnya, penyalahgunaan narkoba dengan mendapatkan informasi di media sosial. Kemudian diaplikasikan ditengah masyarakat. Kemudian, disalahgunakan yang dapat merugikan pelajar sebagai generasi bangsa.

“Pokoknya, jauhi hal hal yang mengarah kepada tindak pidana,” sarannya, di Kolo.

Selain itu imbau Rasydi, agar pelajar tidak semena-mena mengeluarkan kata kata yang menyakiti perasaan orang lain, jaga sikap di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Sikap dan moral harus dapat dijaga, agar tidak membuat repot pribadi pelajar.

Pelajar, kata dia dipandang perlu menjaga etika baik didepan sesama usia maupun dihadapan orang dewasa. Contohnya, banyak kasus yang kini merenggut hak-hak anak dibawah umur (usia pelajar), lantaran lingkungan sekitar tidak terjaga secara etika dan estetika.

“Kedepan, sebagai generasi bangsa agar lebih hati-hati dengan kondisi yang memungkinan untuk mengarah ke hal yang negatif,” paparnya.

*Kahaba-09?

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *