Jika Jadi Gubernur NTB, HM. Amin tak Ingin Berandai Soal PPS

Kota Bima, Kahaba.- Bagai Pungguk Merindukan Bulan, demikian mungkin pribahasa yang cocok digambarkan soal Pembentukan Pulau Sumbawa. Sebab, sejak dulu diupayakan, namun hingga kini tak ada progres yang berarti.

Wakil Gubernur NTB HM. Amin. Foto: Bin

Prosesnya di pemerintah pusat pun tak ada tanda – tanda Pulau Sumbawa akan segera terpisah dari Provinsi NTB. Di tingkat DPR dan DPD, rencana pemekaran wilayah itu masih terparkir rapi. Keinginan rakyat Pulau Sumbawa agar bisa mandiri pun, masih jauh dari harapan.

Pembentukan PPS juga menjadi pekerjaan rumah kepala daerah Provinsi NTB yang baru nanti. Jika memiliki Political Will dan serius untuk mendorongnya, maka harapan itu pasti ada. Lantas bagaimana tanggapan bakal calon petahana Gubernur NTB, HM. Amin soal keseriusannya untuk PPS jika terpilih menjadi Gubernur NTB nanti ?

Amin yang dikonfirmasi soal itu mengaku, tidak ingin berandai – andai, karena prosesnya tidak mudah. Hingga saat ini, dari DPR RI dan DPD memiliki persepsi yang berberda soal proses pembentukan PPS.

“Jika menjadi Gubernur NTB nanti, soal PPS saya tidak bisa berandai – andai,” katanya, kemarin di Pandopo Bupati Bima.

Menurut Amin, masalah PPS itu tergantung dari Political Will dari pemerintah pusat, bukan dari pemerintah provinsi. Karena jika dilihat dari bentuk dukungan, semua rakyat Sumbawa dan pemerintah di Pulau Sumbawa juga mendukung. Demikian juga pemerintah Provinsi NTB, sejak awal mendukung pembentukan PPS.

“Kalau pemerintah provinsi dan daerah jelas semuanya mendukung. Baik dari Pulau Sumbawa maupun Provinsi. Tinggal dari pemerintah pusat, karena semua itu bermula dari sana,” paparnya.

Sambung Amin, dari proses yang sudah dilakukan sejak lama itu, PPS sudah bisa terbentuk. Pemerintah provinsi juga akan sangat senang dengan otonomi itu, karena makin kecil pemerintah mengurus daerah, makan akan semakin bagus.

“Provinsi juga tidak perlu khawatir soal anggaran. Karena setiap pembentukan daerah otonomi, pasti disertai dengan anggaran,” jelasnya.

Kendati demikian, Amin berharap semua pihak yang memiliki kewenangan bisa terus mendorong agar PPS cepat terbentuk. Masyarakat pulau Sumbawa dan khususnya NTB diminta untuk terus berdoa, agar harapan itu segera terwujud.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *