Upacara HAB ke-72, H Munir: Mari Tebarkan Kedamaian di Bumi

Kota Bima, Kahaba.- Upacara memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-72 digelar di halaman MAN 2 Kota Bima berlangsung penuh khidmat, Rabu (3/1). Tampak hadir pada acara tersebut, Kepala Kemenag Kota Bima H A Munir, Kepala MAN 1 H Syahruddin, Kepala MAN 2 Mansyur, Kepala MTsN 1 H Arifin dan jajaran lingkup pegawai dan ribuan siswa Kemenag Kota Bima.

H Munir saat menyerhakan piala kepada pemenang lomba hari HAB. Foto: Eric

“Perayaan HAB tahun ini mengusung tema ‘Tebarkan Kedamaian’, tujuan dan misi mengayomi bangsa untuk menghasilkan kehidupan beragama yang berkualitas,” ujar Kepala Kemenag Kota Bima H A Munir saat membacakan sambutan Menteri Agama.

Munir menuturkan, pada masa kekinian tugas semakin berat dengan berbagai dinamika tantangan yang terjadi. Karena harus menghadapi zaman yang mudah cepat berubah, dengan lingkup kehidupan masyarakat yang lebih luas. Baik itu meliputi masyarakat secara global, hingga generasi di era digital. Sehingga tuntutan publik semakin tinggi, terbuka, dan spontanitas, maka diperlukan sikap yang tepat dan cerdas dalam merespons tuntutan masyarakat terhadap Kementerian Agama.

“Dengan tantangan itu, maka sikap kepedulian terhadap sekitar dtingkatkan, dengan menyerap aspirasi dari berbagai sumber. Agar kita dapat mencapai target yang dikerjakan, sekaligus dapat memenuhi harapan publik,” paparnya.

Menurut Munir, berkat kerja keras jajaran Kemenag patut bersyukur, karena berbagai upaya perbaikan telah membuahkan hasil. Mengiringi usianya yang ke-72 tersebut, Kementerian Agama sukses menorehkan sejumlah prestasi, di bidang tata kelola telah mendapat opini hasil audit BPK dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Upacara HAB Kemenag ke – 72. Foto: Eric

Kemudian kenaikan indeks penilaian reformasi birokrasi, baik di bidang pelayanan haji, indeks kepuasan jemaah haji terus meningkat. Lalu indeks kerukunan beragama berada dalam angka positif, begitu pula dengan pelayanan nikah di KUA yang memuaskan. Sehingga secara otomatis telah menaikan standar mutu pendidikan agama, serta keagamaan di tingkat dasar, menengah maupun perguruan tinggi.

Selain itu, Kementerian Agama dinilai sebagai penyumbang PNBP terbesar, pelapor LHKPN terbanyak serta beberapa penghargaan lainnya dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Berkat keberhasilan ini, menunjukkan kita telah mampu bertransformasi melalui sistem yang baik. Namun, tetap harus segera diimbangi dengan perubahan mental, cara berpikir, dan budaya kerja yang baik,” harapnya.

Usia pelaksanaan upacara panitia langsung diumumkan sejumlah pemenang lomba HAB dengan kategori sekolah juara umum. Untuk tingkat SD, MI diraih oleh MIN Tolobali. Kemudian tingkat SMP dimenangkan MTsN 1 Kota Bima, sementara SMAN sederajat diraih MAN 2 Kota Bima.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *