Soromandi Punya Spot Wisata Andalan, Dari Karombo Nipo Hingga Wadu Pa’a

Kabupaten Bima, kahaba.- Kabupaten Bima memiliki banyak destinasi wisata di berbagai kecamatan. Selain beberapa destinasi wisata yang sudah lebih dulu terkenal seperti di Kecamatan Tambora, Sape, Wawo, Wera, Langgudu hingga di Monta. Kabupaten Bima juga memiliki destinasi wisata yang tidak kalah bagus di Kecamatan Soromandi.

Karombo Nipo di Soromandi. Foto: Dok kabarbima.com

Diantaranya, Karombo Nipo peninggalan sejarah Jepang yang berada di Desa Punti dan situs bersejarah Benteng Asakota di Dusun Lia Desa Punti Kecamatan Soromandi. Spot wisata ini sangat cocok bagi pencinta wisata budaya dan sejarah. Selain bisa menikmati alam, pengunjung sambil belajar.

“Selain itu, Soromandi juga memiliki situ sejarah Wadu Pa’a yang berada di Dusun Sowa Desa Kanata. Lokasi ini merupakan tempat wisata yang sudah cukup dikenal dan tidak kalah bagus untuk dikunjungi,” jelas Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Soromandai Khairul, Selasa (12/6).

Kata Khairul, untuk destinasi wisata Karombo Nipo memang belum cukup dikenal luas oleh masyarakat. Kendalanya, karena belum maksimalnya sosialisasi tempat tersebut sebagai destinasi wisata. Padahal lokasi ini cukup bagus untuk dikunjungi bersama keluarga atau bersama kerabat saat liburan.

“Kami melestarikan dan menata wisata Karombo Nipo ini baru sebulan. Semoga saja tempat ini akan terkenal dan banyak dikunjungi oleh pencinta wisata,” harapnya.

Ia memaparkan, Karombo Nipo memiliki 8 gua peninggalan jaman Jepang. Korombo Nipo diyakini merupakan hasil pahatan tangan nenek moyang Suku Mbojo. Setiap gua memiliki ukuran berbeda. Ada yang berdiameter 6×4 meter dengan kedalaman 3 meter dan berbagai ukuran lainnya.

“Salah satu dari gua tersebut ada yang dijadikan tempat penyimpanan senjata oleh tentara Jepang,” ungkapnya.

Untuk sampai di Karombo Nipo, pengunjung cukup berjalan kaki sekitar 1 kilometer dari tempat parkir yang berada di sekitar Pantai Noti. Disepanjang jalan menuju Karombo Nipo, Pokdawis sudah menyediakan spot bagi pengunjung untuk berfoto-foto.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *