Dikbud Diklat Pembinaan Untuk Tingkatkan Kompetensi Guru PAUD

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 240 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kota Bima mengikuti Diklat pembinaan selama 6 hari, mulai Senin sampai Sabtu (26-31/3). Kegiatan diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima di Aula SMKN 3 Kota Bima.

Foto bersama usai Diklat Kompetensi Guru PAUD. Foto: Eric

Ketua Panitia kegiatan Hj Dewi Triyani dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut secara keseluruhan akan diikuti 240 peserta guru. Selama 6 hari akan diikuti 40 peserta yang berbeda dari sekolah tingkat PAUD se-Kota Bima.

“Sasaran kegiatan diklat ini untuk memberikan pembinaan kepada seluruh guru PAUD, agar meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang tugas seorang guru secara profesional,” ujarnya.

Melalui penyelenggaraan Diklat inipula kata Dewi, menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan motivasi yang positif untuk pengembangan karir tenaga pendidik. Agar terus maju dan terus belajar dalam mengembangkan kemampuan, dari ilmu yang diberikan pemateri.

“Dengan diklat ini, para peserta mampu membuat dan menyusun program pembelajaran yang tepat guna, terarah, terukur dan terstruktur dengan baik dan benar,” katanya.

Dewi menambahkan, guna meningkatkan kemampuan peserta diklat. Pihaknya telah mengundang 2  pemateri dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikkan Taman Kanak-kanak (P4TK) Ratnawati Muninigrum, dan Pendidikan Luar Biasa (PLB) Bandung Yaya Kurnia.

Mereka tersebut akan memberikan materi seperti, pendidikan karakter, pembelajaran tematik terpadu, pendekatan model dan metode, kemudian bahan ajar analisis serta penilaian.

Sementara itu Kepala Dinas Dikbud H Alwi Yasin yang membuka secara resmi kegiatan menjelaskan, guru PAUD memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam membentuk karakter dan juga pola pikir siswa. Sebab guru selaku tenaga pendidik merupakan komponen utama, dalam mendidik anak selain lingkungan masyarakat dan juga keluarga.

“Melalui peningkatan kompetensi guru ini, maka kedepan akan menciptakan iklim pendidikan yang baik dan pembelajaran yang menyenangkan,” tambahnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *