oleh

Pemdes Sondosia Selesai Kerjakan Dana Desa Tahap Kedua

-Kabar Bima-1 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa Sondosia Kecamatan Bolo selesai melaksanakan pekerjaan dana desa tahap kedua tahun 2018. Bahkan Pemerintah Kecamatan Bolo sudah melakukan monitoring.

Kepala Desa Sondosia Jauhari Irfani. Foto: Yadien

“Tahap kedua sudah selesai. Kini kami sedang merampungkan penyusunan Surat Pertanggungjawaban (SPJ), agar bisa mengajukan pencairan tahap ketiga dana desa tahun 2018,” ujar Kepala Desa Sondosia Jauhari Irfani, Rabu (3/10).

Jauhari menjelaskan, anggaran tahap kedua 40 persen yakni sebesar Rp 287 juta. Anggaran tersebut dipergunakan untuk program fisik dan pemberdayaan. Program fisik yang dikerjakan seperti pembuatan spal Dusun 2, Dusun 3 dan Dusun 4.

“Proses pengerjaanya berjalan dengan baik. Partisipasi masyarakat juga bagus,” katanya.

Untuk program pemberdayaan, pihaknya telah menggunakan anggran tahap kedua tersebut untuk insentif imam, marbot, posyandu, insentif guru ngaji dan karang taruna serta  penyertaan modal pada BUMDes.

“Penyertaan modal pada BUMBes tahun 2018 sebanyak Rp 50 juta,” sebutnya.

Karena sudah rampung pekerjaan tahap kedua, pihaknya berencana akan mengajukan pencairan dana tahap ketiga pada 10 Oktober 2018. Anggaran tahap kegita desa setempat sama dengan anggaran tahap kedua yaitu 40 persen atau sebesar Rp 287 juta.

Dana tahap ketiga juga akan digunakan untuk melaksanakan program fisik diantaranya rabat gang Dusun 1 dan dan 2 serta pembuatan spal pada Dusun 1 dan Dusun 2. Sementara untuk program pemberdayaan, pihaknya akan melakukan pengadaan mesin ketinting bagi nelayan dan mesin pompa air untuk petani.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru