Gelombang Tinggi 2 Hari ke Depan, Masyarakat Diminta Waspada

Kabupaten Bima, Kahaba.- Badan Metereologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) memperingatkan kewaspadaan untuk masyarakat Bima dan Dompu, karena tingginya gelombang yang mencapai kurang lebih 2 Meter di perairan selatan Bima dan Samudera Hindia Selatan NTB. Kondisi tersebut akan berlangsung selama 2 hari kedepan.

Ilustrasi

Selain itu, tinggi gelombang hari Kamis hingga Jumat (7-8/2) pada Perairan Utara Bima mencapai 0,5 meter – 1,5 meter, dan 0,75 meter – 1 meter, Perairan Selatan Bima 1,5 meter – 2,5 meter dan 1,25 meter – 2,5 meter, Pelabuhan Bima 0,5 meter – 2 meter dan 0,7 meter – 1 meter, dan Perairan Samudera Hindia Selatan NTB 2,3 meter – 1,2 meter.

Akibat cuaca tersebut BMKG memprediksi kondisi gelombang akan semakin meningkat sesuai arah angin dan curah hujan gelombang.

Forecaster on Duty BMKG Bima, Lavia Farareta Aiqiu mengatakan, beberapa kecamatan yang diprediksi akan mengalami gelombang tinggi yakni wilayah Hu’u, Parado, Monta, Langgudu dan Lambu.

“Imbauan kepada masyarakat agar mewaspadai potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai lebih dari 2 meter di perairan selatan Bima dan Dompu serta perairan Samudera Hindia Selatan NTB,” ujarnya, Kamis (7/2).

Selain itu, kata Lavia, masyarakat juga perlu mewaspadai potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan petir serta angin kencang di pesisir selatan dan barat Bima dan Dompu.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar senantiasa memperhatikan informasi BMKG khususnya informasi peringatan dini cuaca ekstrim wilayah Bima dan Dompu,” tuturnya.

*Kahaba-07

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *