oleh

Mendagri Buka Rakernas APEKSI ke-XIV di Semarang

-Kabar Bima-2 kali dibaca

Kota Semarang, Kahaba.- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) H Tjahjo Kumolo membukan secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota (APEKSI), Rabu (3/6) di Aula Po Hotel Kota Semarang Jawa Tengah.

Mendagri saat membuka Rakernas APEKSI ke-XIV di Semarang. Foto: Eric

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Dewan Pengurus Apeksi Hj Airin, Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo, Walikota Semarang Hendrar Prihadi, 98 Walikota, dan Wakil Walikota serta perwakilan pejabat seluruh kota di Indonesia.

Dalam sambutannya Mendagri menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi serta ucapan terimakasih atas dukungan pemerintah kota atas terselenggaranya Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di masing-masing kota dengan demokratis, aman dan mencapai partisipasi yang tinggi.

“Melalui Rakornas Apeksi ke-XIV ini, seluruh pemerintah kota harus terus mengawal dan mendukung pencapaian sisa sasaran pembangunan dalam RPJMN 2014-2019 agar terlaksana dengan tuntas, ” ujarnya.

Tjahjo mengungkapkan, dengan agenda Apeksi yang selalu dilaksanakan pada setiap pemerintah kota yang berbeda, harus berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar pada 93 daerah kota dan 5 kota administratif untuk lebih maju. Karena itu, seluruh anggota Apeksi sangat diharapkan agar segera mengambil langkah penyesuaian terhadap rancangan RPJMN 2020-2025.

“Penjabaran visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden terpilih harus masuk ke dalam rancangan pembahasan masing-masing RPJMD pemerintah kota, sehingga sinkronisasi pembangunan pusat dan daerah berjalan dengan baik,” katanya.

Ia menegaskan, untuk menunjang dan mendorong pertumbuhan otonomi daerah, setiap pemerintah kota melalui kepala daerah dan wakil kepala daerah beserta jajaran aparaturnya harus bekerja keras untuk memajukan daerah. Sebagai penunjang, maka dibutuhkan kreatifitas dan inovasi yang berbasis kearifan lokal setiap daerah.

“Kemudian juga harus didukung oleh infrastruktur yang dimanfaatkan dengan baik. Sehingga sinergitas pemerintah kota melalui Apeksi ini berdampak positif untuk pemerintah secara keseluruhan,” jelasnya.

Dia berharap, semoga Rakernas tersebut menjadi ruang lahirnya ide, gagasan dan terobosan yang akan berkontribusi terhadap implementasi indonesia maju dan berdaulat di masa depan.

“Mari kita jaga keutuhan NKRI secara bersama, demi terciptanya negara yang berdaulat dan sejahtera,” ajaknya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru