Tingkatkan Kualitas Air dan Udara, DLH Akan Tanam Pohon Endemik

Kota Bima, Kahaba.- Kepala DLH Kota Bima H Alwi Yasin mengakui, indeks kinerja utama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima adalah meningkatkan kualitas air dan udara. Guna meningkatkan itu, satu hal yang harus dilakukan itu adalah penanaman pohon.

Pembibitan pohon kamboja untuk ditanam di kawasan Amahami dan Niu. Foto: Bin

“Yang membuat udara itu sejuk, apabila kota ini harus hijau. Maka kami coba membibit tanaman – tanaman pohon endemik yang bisa menahan panas,” ujarnya, Jumat (20/9).

Ia menyampaikan, lokasi penanaman pohon endemik yang bisa menahan panas seperti kaktus dan kamboja yakni mulai perbatasan Niu sampai ke Kawasan Amahami dan sekitarnya. Nanti untuk penanaman pohon tersebut ada kategori, di perbatasan Niu jenis kaktus semua.

“Di sejumlah daerah lain juga akan ditanam Kamboja. Targetnya kita sebanyak ribuan pohon,” katanya.

Kata Alwi, penanaman pun akan dilaksanakan secara bertahap. Bisa dilakukan dalam waktu dekat, dan akan dimulai pada November mendatang. Apabila satu kali turun hujan, bibit sudah disiapkan, kita laksanakan penanaman.

“Kami berharap masyarakat juga tetap membantu pemerintah untuk sama-sama menjaga pohon yang ditanam nanti,” harapnya.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *