Kabar Bima

TSBK Lewirato dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

277
×

TSBK Lewirato dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka mengantisipasi air meluap ke pemukiman warga, Tim Siaga Bencana (TSBK) Kelurahan lewirato bersama Federasi Tim Siaga Bencana(FTSB), Pemuda Tangguh Tanggap Bencana (PTTB) dan elemen masyarakat setempat menggelar kegiatan gotong royong membersihkan parit di sepanjang jalan kelurahan setempat.

TSBK Lewirato dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Lingkungan - Kabar Harian Bima
TSBK dan warga Lewirato saat gotong royong. Foto: Ist

Kegiatan yang juga dihadiri Anggota DPRD Kota Bima Amiruddin dari Partai Hanura itu dilaksanakan mulai pagi hari, menyisir semua sampah dan semak belukar yang memadati parit. Terlihat antusias warga untuk bisa terlibat aktif pada kegiatan dimaksud.

TSBK Lewirato dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Lingkungan - Kabar Harian Bima

Ketua TSBK Kelurahan Lewirato Amir Alamsyah mengatakan, jika musim hujan, apalagi hujan dengan intensitas tinggi, kelurahan setempat tidak menjadi langganan banjir.

Apalagi diperparah dengan kondisi parit dan drainase yang dipenuhi sedimentasi serta semak belukar, tentu saja menghambat jalur air yang mengalir di parit, sehingga menyebabkan air meluap dan masuk ke pemukiman.

“Gotong royong berjalan lancar, masyarakat juga antusias membantu,” ujarnya.

Menurut Amir, kegiatan ini harus terus digalakan. Apalagi saat ini sudah masuk penghujan yang berpotensi terjadinya banjir. Pihaknya pun akan terus berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan, ketua RT RW dan LPM serta tokoh masyarakat setempat.

“Karena biar musim hujan, namun lingkungan tetap aman dari air meluap,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Bima Amiruddin mengapresiasi semangat TSBK Kelurahan lewirato, FTSB, Pemuda Tangguh Tanggap Bencana (PTTB) dan elemen masyarakat Kelurahan Lewirato. Kegiatan tersebut pun diharapkan tidak saja dilakukan saat ini saja, tapi bisa terus berlanjut, untuk menjaga kebersihan lingkungan.

*Kahaba-01