Dinas Dikbud Kota Bima Gelar Bimtek 101 Guru Muatan Lokal

Kota Bima, Kahaba.- Terus menggali potensi dan melestarikan nilai seni budaya daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima menggelar kegiatan bimbingan teknis muatan lokal, di aula Gedung Seni Budaya (GSB).

Kepala Dinas Dikbud Kota Bim H Syamsuddin. Foto: Bin

Kegiatan dimaksud dilaksanakan selama 3 hari, mulai Senin sampai Rabu (15-17/9) dan diikuti 101 guru muatan lokal tingkat SD dan SMP se-Kota Bima.

Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Syamsuddin menjelaskan, pendidikan saat ini terhambat akibat pandemi Covid-19. Sehingga program pendidikan juga belum berjalan maksimal. Tapi keadaan ini justru menjadi motivasi karena pendidikan harus terus berjalan sebagaimana mestinya. Meski berjalan dengan terus menerapkan protokoler kesehatan.

“Pendidikan kita harus terus maju dan berkembang dari berbagai program pembelajaran, salah satunya adalah muatan lokal,” ujarnya.

Menurut Syamsuddin, dari bimtek ini diharapkan tenaga pendidik dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari 4 materi bahan ajar muatan lokal. Materi tersebut di antaranya bahasa, seni, sejarah dan budaya.

Sementara itu Kabid Dikdas Taufikurahman menambahkan, selama pelaksanaan bimtek seluruh peserta dibagi dalam 6 kelompok diskusi belajar. Setiap grup mendapatkan materi yang berbeda  . Setelah rampung, diakhir kegiatan kelompok akan mempresentasikan kembali apa yang telah didiskusikan.

“Dari hasil presentasi ini guru bisa mengembangkan program pembelajaran disetiap sekolah,” tambahnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *