Desa Mbuju Sasar RTLH Pakai Dana Desa

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Pemeritah Desa Mbuju Kecamatan Kilo mengalokasikan dana desa untuk membedah sejumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga miskin.

Pengerjaan RUmah Tidak Layak Huni dari dana dana desa di Mbuju. Foto: Ist

Kepala Desa Mbuju Abdullah Mursalin mengatakan, bedah rumah tersebut sudah sesuai dengan amanat peruntukan Dana Desa (DD) yang sebagian untuk pemberdayaan dan pembangunan dalam hal infrastruktur.

“Infrastruktur artinya luas, ini infrastruktur pemukiman dan rumah tidak layak huni yang jadi objek,” katanya, Jumat (7/12).

Di Desa Mbuju kata dia, masih banyak keluarga yang belum tinggal di rumah layak huni. Sehingga Pemdes Mbuju berinisiatif mengalokasikan dana desa untuk membedah sejumlah rumah.

Bedah rumah tersebut, menurutnya, dapat dianggarkan dengan dana desa melalui program fasilitasi peningkatan kualitas rumah tidak layak huni.

”Intinya dana desa itu untuk peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Abdulllah mengatakan, dari sekitar 797 kepala keluarga (KK) di Desa Mbuju, masih terdapat 70-an rumah yang dianggap tidak layak, sehingga diusahakan untuk dilakukan perbaikan.

“Secara bertahap, sebanyak 70 unit RTLH akan kami bedah,” kata Kades.

Ditambahkannya, program ini terlebih dahulu ditujukan untuk 15 rumah tidak layak huni, dengan besar nilai Rp 8 juta per rumah. Ditargetkan, tahun depan sasaran dan besaran nominalnya akan lebih besar.

*Kahaba-09

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *