oleh

Rapat Senat Terbuka, 141 Mahasiswa STISIP Mbojo Bima Diwisuda

-Kabar Kota Bima-118 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima menggelar Rapat Senat Terbuka Tahun 2021 dalam rangka wisuda 141 mahasiswa angkatan XLIII, di Aula Mahasiswa dan Alumni kampus setempat, Rabu (5/5).

Prosesi wisuda mahasiswa STISIP Mbojo – Bima angkatan angkatan ke-XLIII. Foto: Deno

Kegiatan di tengah Pandemi Covid-19 tersebut tentu mengedepakan protokol kesehatan. Wisudawan dan wisudawati serta para dosen diwajibkan menggunakan kaos tangan, Face Shield dan membuat jarak kursi peserta wisuda sepanjang 1 meter.

Untuk menghindari kerumunan, panitia wisuda hanya memperbolehkan mahasiswa yang diwisuda memasuki aula, sedangkan keluarga para wisudawan menunggu di luar. Kegiatan juga dijaga anggota Polres Bima Kota dan Bhabinsa.

Ketua Lembaga STISIP Mbojo Bima Mukhlis Ishaka menyampaikan, mahasiswa yang diwisuda sebanyak 141 orang, 126 dari jurusan Administrasi Negara dan 15 orang dari Jurusan Komunikasi. Lulusan itu sebagai wujud tanggung jawab STISIP pada bangsa dan negara.

“Wisuda ini juga merupakan wujud karya utama STISIP dan sebagai bentuk prestasi yang membanggakan bagi kampus kami,” ujarnya.

Menurut mukhlis, wisuda merupakan momentum penting dalam dunia pendidikan dan sangat bermakna bagi keluarga wisudawan. Momentum itu harus diartikan sebagai saat berakhirnya tugas dan tanggung jawab STISIP mengantarkan secara formal mahasiswa sebagai insan yang berilmu dan berakhlak mulia.

Wisudawan juga harus siap meniti profesi dan karir dengan andalan ilmu sesuai bidang keahlian. Jadikan momen wisuda sebagai untuk berusaha dan bekerja keras lagi, demi keberhasilan dan kesuksesan yang akan datang.

“Kami atas nama civitas akademika STISIP Mbojo Bima menyampaikan terima kasih pada orang rua dan keluarga wisudawan atas kepercayaan, dukungan dan partisipasinya selama ini untuk STISIP,” ucapnya.

Mukhlis juga menyampaikan, para lulusan adalah duta STISIP Mbojo Bima. Untuk itu, nama baik kampus harus dijaga di tempat kerja ataupun di tengah kehidupan masyarakat. Semoga para wisudawan menjadi orang sukses dan membanggakan nama kampus, bangsa serta membanggakan orang tua.

Dibeberkannya beberapa prestasi yang dicapai STISIP Mbojo Bima yakni mendapatkan peringkat akreditasi program studi Administrasi Negara dari BAN PT dengan akreditasi B pada tahun 2020.

Mendapat peringkat Akreditasi Intitusi dari BAN PT dengan akreditasi baik pada tahun 2020, peningkatan status Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STISIP Mbojo Bima dari klaster binaan, meningkat menjadi klaster madya yang memungkinkan STISIP dapat mengakses dana penelitian DIKTI, dengan berbagi skim penelitian.

“STISIP juga menjadi kampus inovasi terbaik ke II LL DIKTI wilayah 8 tahun 2020. Prestasi itu pengakuan dari LL DIKTI dari berbagai inovasi dosen dan mahasiswa STISIP,” ungkapnya.

Prestasi lain, STISIP sebagai penyelenggara hibah Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) DIKTI tahun 2020, dengan membina kampus tertinggal yaitu STISI TUAL Maluku.

Kemudian karya buku dosen yang sudah mencapai 24 buku dan dosen STISIP mampu menjadi pembicara pada forum seminar internasional ICTESS tahun 2020 serta kepercayaan BPSDM Kemendagri kepala LPPM STISIP, untuk penyelenggara bimtek penguatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD se NTB.

“STISIP adalah kampus dengan kualitas baik di NTB. Target kami sesuai Visi STISIP Mbojo Bima adalah menjadikan kampus ini mampu menuju kelas Nasional,” pungkasnya.

*Kahaba-05

Komentar

Kabar Terbaru