oleh

Cegah Penyakit Menular, Dinas Pertanian Turun Cek Kesehatan Hewan

-Kabar Kota Bima-Dibaca 124 kali

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pertanian Kota Bima melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan gencar turun lapangan untuk mengecek dan memberikan pelayanan kesehatan hewan di 5 kecamatan.

Cegah Penyakit Menular, Dinas Pertanian Turun Cek Kesehatan Hewan - Kabar Harian Bima
Jajaran dinas pertanian kota bima saat turun mengecek kesehatan hewan. Foto: eric

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Juwaihar menyampaikan, awal tahun ini pelayanan kesehatan dilaksanakan di 4 kelurahan Kecamatan Asakota, masing-masing 3 Kelurahan di bulan Januari yaitu Jatibaru Timur tanggal 11-12 Januari, Jatibaru Barat tanggal 17-18 Januari, Jatiwangi tanggal 24-25 Januari. Sementara Kelurahan Ule dijadwalkan tanggal 31 Januari sampai 2 Februari.



“Pelayanan ini merupakan bentuk pelayanan aktif petugas untuk masyarakat, karena yang dilayani ialah pemeriksaan dan pengobatan hewan seperti, sapi, kuda, kerbau, kambing, domba dan lain-lain,” paparnya, Selasa (11/1).

Dia menguraikan, kegiatan rutin ini agar ada upaya pemerintah daerah mencegah penyakit hewan menular masuk ke Kota Bima, serta bentuk pengendalian penyakit hewan.

“Berdasarkan data tahun 2021 lebih kurang 50 kasus penyakit pada ternak seperti gatal-gatal. Tapi untuk penyakit menular yang disebabkan bakteri atau virus tidak ditemukan,” katanya.

Juwaihar menambahkan, mengingat baru awal tahun, pihaknya masih fokus penanganan di wilayah Asakota. Berikutnya pelayanan kesehatan hewan ini akan dilaksanakan di 4 kecamatan lain, sesuai dengan rencana jadwal yang disusun.

“Guna menunjang kegiatan pelayanan ini, kita dibantu 15 pegawai dari UPT Balai Keswan dan Kesmavet yang siap turun melaksanakan tugas,” tambahnya.

*Kahaba-04


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabar Terbaru