573 PPS Kabupaten Bima Dilantik, Ketua KPU: Jaga Integritas dan Netralitas

Pemilu62 Dilihat

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 573 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Bima untuk Pemilu Tahun 2024 secara resmi dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten Bima, di GOR Panda, Selasa 24 Januari 2023.

573 PPS Kabupaten Bima Dilantik, Ketua KPU: Jaga Integritas dan Netralitas - Kabar Harian Bima
Prosesi pelantikan dan mengambil sumpah dan janji PPS Kabupaten Bima. Foto: Bin

Sebelum dilaksanakan pelantikan PPS Kabupaten Bima, lebih awal dibacakan Surat Keputusan penetapan anggota PPS masing-masing desa. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi pelantikan pengambilan sumpah.



Ketua KPU Kabupaten Bima Imran saat sambutan mengucapkan selamat mengemban tugas baru ini dan bekerja sesuai dengan aturan, jaga integritas dan jaga netralitas.

Baca:   KPU Kabupaten Bima Tetapkan 45 Calon DPRD Terpilih, Ini Nama-Namanya

Kata dia, PPS yang dilantik ini sebanyak 3 orang masing-masing desa. Sementara yang diwawancarai sebelumnya sebanyak 9 orang. Artinya, 6 orang tidak lolos menjadi PPS.

“Kami banyak mendapatkan kritik dari 6 orang yang dinyatakan tidak lolos. Namun sesungguhnya pun kami di KPU tidak anti kritik, karena kritik ini adalah nutrisi untuk pengembangan diri,” katanya.

Baca:   Tidak Serahkan Keterangan Cuti, Paslon Petahana tidak Disanksi

Menurut Imran, PPS yang dilantik ini pada tanggal 25-28 Januari nanti akan diberikan bimbingan teknis. PPS juga punya kewenangan untuk merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) .

“Jumlah TPS di Kabupaten Bima pada Pemilu 2024 nanti sebanyak 1.606, maka sebanyak itu pula PPDP yang dibentuk. Maka yang tidak lolos PPS jangan berkecil hati, tapi bisa ambil bagian untuk menjadi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih,” sarannya.

Baca:   Jelang Pemilu 2019, KPU Bima Gelar Lomba Seni dan Sastra

Pada kesempatan itu, Imran juga meminta agar PPS jaga kebersamaan, patuhi perintah dab jangan bergeser sedikitpun dari pemerintah. Bekerja berdasarkan UU, PKPU, dan Juknis.

“Yang terpenting juga tetap konsultasi secara berjenjang, dan jangan mudah tergoda, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

*Kahaba-01


Komentar