Sosialisasi HIV/AIDS, BSMI Blusukan di MAN 1

Kota Bima, Kahaba.- Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kota Bima kembali menggelar kegiatan sosialisasi penyakit HIV/AIDS. Setelah beberapa pekan lalu di SMAN 1 Kota Bima, BSMI kembali blusukan di MAN 1 Kota Bima, Rabu (1/10).

BSMI Kota Bima Sosialiasi HIVAIDS di MAN 1 Kota Bima. Foto: Bin

BSMI Kota Bima Sosialiasi HIVAIDS di MAN 1 Kota Bima. Foto: Bin

Kegiatan berlangsung sangat sederhana di Mushollah sekolah setempat. Sekitar 50-an orang siswa perwakilan dari masing – masing kelas, terlihat antusias menyimak dan berdiskusi tentang salah satu penyakit yang mematikan di dunia itu.

Ketua BSMI Kota Bima, dr. Muhammad Akbar pada materinya memperkenalkan lebih awal tentang penyakit HIV dan AIDS. Dilanjutkan dengan bentuk perhatian khusus terhadap penderita dan cara penularannya.

“Kenapa penyakit ini diberikan perhatian khusus, karena hingga kini belum ada obat untuk menyembuhkannya, dan belum ada vaksin yang bisa mencegahnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, cara penularan penyakit dimaksud bisa melalui darah, cairan mani dan cairan vagina serta lewat air susu ibu (ASI). Sementara yang tidak menular, seperti berpelukan, berjabat tangan, pemakaian toilet, atau kamar mandi bersama, berenang bersama, gigitan nyamuk atau serangga lainnya, serta pemakaian piring, alat makan atau minum bersama – sama.

“Untuk itu, agar tidak menular, jangan sekali – sekali menggunakan narkoba jenis suntik, melakukan seks bebas dan gonta ganti pasangan. Itu sangat berpotensi,” tegasnya.

Akbar juga menjelaskan, yang dapat dilakukan untuk memerangi HIV/AIDS yakni bertindak dan menghindari penularan pada diri sendiri, pelajari fakta yang benar tentang penyakit itu, karena banyak beredar anggapan dan pemikiran keliru.

Kemudian, menghindari diskriminasi terhadap orang dengan HIV dan AIDS serta adakan tindakan untuk meningkatkan kewaspadaan.

Usai kegiatan, Akbar mengaku, kegiatan sosialisasi di tingkat Pelajar dan Mahasiswa sudah menjadi jadwal rutin dan program BSMI Kota Bima. Tujuannya, tentu memperkenalkan sejak dini kepada generasi tentang bahaya penyakit tersebut.

“Ini penting, dan ini sudah menjadi sentral kegiatan kami. Karena kami ingin mengambil bagian untuk transformasi pendidikan kesehatan bagi generasi,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, sebagai bentuk kepedulian terhadap penyakit tersebut, pada hari Minggu, tanggal 30 Oktober Tahun 2014 mendatang, BSMI Kota Bima akan menggelar kegiatan sepeda hias, dalam rangka memperingati hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember.

“Kami ingin ada partisipasi aktif dari seluruh eleman, pemerintah dan masyarakat,” harapnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *