Hari Pertama, Penjabat Bupati Bima Pimpin Rakor

Kabupaten Bima, Kahaba.- Hari pertama menjalankan tugas sebagai Penjabat (Pj.) Bupati Bima Drs. Bachrudin, M.Pd langsung memimpin Rapat Koordinasi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bima, di Aula kantor Bupati Bima, Rabu (12/8).

Penjabat Bupati Bima (tengah) saat memberikan arahan. Foto: Hum

Penjabat Bupati Bima (tengah) saat memberikan arahan. Foto: Hum

Pj. Bupati yang didampingi Sekda Kabupaten Bima Drs. HM Taufik HAK, M.Si dan para Asisten dalam arahan dihadapan para pejabat eselon II dan III mengatakan,  dalam penyelenggaraan roda pemerintahan,  birokrasi bersatu padu dan ikhlas dalam melaksanakan tugas yang diberikan.

Dirinya menegaskan, kehadirannya di Kabupaten Bima tidak ada maksud lain, tapi murni tugas yang diamanatkan oleh negara. Karena, selama berada di Kabupaten Bima,  tugas penting yang harus diselesaikan selaku Pj. Bupati Bima yaitu memastikan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bima berjalan normal.

“Karena itu seluruh komponen birokrasi diharapkan  sama-sama bekerja. Mengoptimalkan kinerja birokrasi untuk melaksanakan seluruh pelayanan publik, artinya pelayanan publik tidak boleh terganggu karena Pemilukada,” jelasnya melalui siaran Pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima M.Chandra Kusuma, AP.

Tugas lainnya yang diamanatkan Menteri Dalam Negeri, kata Bachrudin adalah memfasilitasi agar Pemilukada Kabupaten Bima berlangsung Jujur, Adil dan demokratis. Semua pihak diminta menghormati siapapun yang nantinya dipilih oleh rakyat.

Disamping memastikan pelayanan publik berjalan sebagaimana mestinya, Pj. Bupati Bima juga menegaskan bahwa kehadirannya di Kabupaten Bima adalah untuk memastikan netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS). Aparatur negara tidak boleh berpihak.

“Sebagai Pj. Bupati,  saya ingin memastikan seluruh SKPD dan PNS lingkup Kabupaten Bima tidak terlibat politik praktis. Bila ada PNS yang ingin terjun ke ranah politik praktis, ada jalurnya. Silahkan mengundurkan diri dari PNS.,” sarannya.

Bachrudin melanjutkan, pembinaan aparatur bukan hanya tanggung jawab pegawai, tetap juga merupakan tugas Kepala SKPD.  Ada rentang kendali dimana masing-masing jenjang jabatan memiliki tanggung jawab dalam melakukan pembinaan secara berjenjang. PNS diminta menjunjung tinggi mekanisme kerja birokrasi secara berjenjang.

“Agar pelayanan berjalan optimal, disiplin PNS harus ditegakkan, PNS harus memahami kewajiban dan menjalankab dengan baik tugas yang diberikan,” tuturnya.

Kepada Pimpinan SKPD juga dihimbau agar menjaga citra. Kadis misalnya, diinstruksikan untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat sebagaimana mestinya, jangan memotong bantuan, serahkan hak masyarakat dan patuhi aturan yang ada.

Usai menggelar Rapat Koordinasi yang diikuti para Staf Ahli, Asisten Setda, Kepala SKPD, Kabag Lingkup Setda, Camat dan para pejabat eselon III, Penjabat Bupati selanjutnya melakukan konferensi pers di ruang Rapat Bupati Bima.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *