Kelas Digital Akan Diterapkan di Kota Bima

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) berencana akan segera menerapkan kelas digital di SMA sederajat di Kota Bima. Kelas digital ini akan menjadi metode pembelajaran baru di daerah, kendati sejumlah daerah lain sudah lebih dulu menerapkannya.

Kadis Dikpora Kota Bima Drs. H. Alwi Yasin, MAP. Foto: Bin

Kadis Dikpora Kota Bima Drs. H. Alwi Yasin. Foto: Bin

“Kelas digital akan kita terapkan lebih dulu pada SMA pada Tahun 2016 ini. Setelah itu akan diikuti SMP dan SD,” terang Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, H Alwi Yasin kepada Kahaba.net, kemarin.

Alwi menjelaskan, jenis program yang digunakan menggunakan pada kelas digital nantinya yakni Edmodo. Sesuai dengan namanya, kelas digital tentu akan berbasis mutimedia dan internet. Sementara edmodo adalah aplikasi berbasis web yang memungkinan setiap guru untuk membuat kelas digital.

“Kelas digital ini sebagai sarana berbagi pembelajaran, pekerjaan rumah, dan konten pembelajaran lainnya dengan cara yang mudah dan tentunya aman. Aplikasi ini tampilannya dibuat mirip dengan media sosial facebook.

“Sehingga nantinya memudahkan guru, orang tua, dan siswa untuk bergabung dalam kelas digital tersebut. Mereka bisa terlibat langsung mengawasi siswa dalam hal kegiatan belajar,” paparnya.

Program kelas digital lanjutnya, telah lebih dulu diterapkan di kota besar di Indonesia. Salah satunya Kota Bandung yang telah merasakan kemajuan dan capaian menggunakan program tersebut.

“Sarana pendukung program ini cukup menggunakan smartphone atau android. Kami yakin siswa akan dengan cepat memahaminya. Tinggal nanti guru yang juga akan kita tingkatkan kapastitasnya untuk menyeimbangkan,” kata Alwi.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.
  1. Reza

    Salah satu metode yg memajukan dunia pendidikan….
    Tp sy lebih setuju lebih baik tdk mengenal yg namanya teknologi… krn dgn teknologi banyak moral anak bangsa yg semakin merosot
    Yg tdk setuju dgn pendapat sy, coba anda berpikir…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *