BKP2 Target Padi Tanam Jajarlegowo 1000 Ha

Kota Bima, Kahaba.- Badan Ketahana Pangan dan Penyuluhan (BKP2) Kota Bima menargetkan penanaman musim tanam MK 1 tahun ini sebanyak 1000 hektar, untuk padi tanam jajarlegowo.

Kepala BKP2 Kota Bima Syamsuddin. Foto: Bin

Kepala BKP2 Kota Bima Syamsuddin. Foto: Bin

Kepala BKP2 Kota Bima Syamsuddin mengatakan, target tersebut telah dibagi ke 29 Kelurahan yang memiliki area sawah. Sasarannya, lebih banyak berada di Kecamatan Raba dan Rasanae Timur.

“Sebelumnya kita tidak ada target itu, karena upaya khusus dalam pencapaian swasembada padi jagung kedelai,” ujarnya, Selasa (3/5).

Diakuinya, target ini sudah disampaikan ke semua penyuluh pertanian di lapangan, agar bekerja sama dengan Babinsa, menggerakan petani untuk menanam jajarlegowo.

Sebab keuntungan jajarlegowo, memiliki populasi tanaman meningkat, pertumbuhan tanaman pun akan optimal, karena sirkulasi unsur Hara dan udara lancar. Dengan demikian, produksi akan semakin meningkat.

“Nanti kualitas gabah juga akan semakin baik. Karena diimbangi dengan pupuk berimbang, maka memberikan hasil dan mutu hasil yang baik,” jelasnya.

Sementara pada MK 2 nanti, sambung pria berkacamata itu, memasuki bulan Juli lebih banyak menanam kadelai. Target kadelai pun tahun ini juga produksi semakin meningkat.

“Untuk mendorong semua itu, kami memberi semangat kepada penyuluh untuk aktif memberikan penyuluhan, sehingga target tercapai dan akan diberikan reward,” tambahnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *