Pemkot Bima Terima Hasil Pemeriksaan Dana Bantuan Parpol dari BPK

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima diwakili Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin dan Ketua DPRD Kota Bima Feri Sofiyan hadir pada acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Pertanggungjawaban Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bantuan Keuangan Partai Politik (Parpol) Tahun Anggaran 2015 dan Hasil Pemantauan Atas Kerugian Daerah Semester I Tahun Anggaran 2016 di kantor BPK Perwakilan Provinsi NTB Jumat (7/10) pagi.

Walikota Bima saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Pertanggungjawaban Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bantuan Keuangan Partai Politik (Parpol) Tahun Anggaran 2015 dari BPK. Foto: Hum

Walikota Bima saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Pertanggungjawaban Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bantuan Keuangan Partai Politik (Parpol) Tahun Anggaran 2015 dari BPK. Foto: Hum

Acara dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB H. Muhammad Amin, Ketua DPRD Provinsi NTB, Bupati dan Walikota serta seluruh pimpinan DPRD Kota dan Kabupaten se-NTB.

Plt. Kepala BPK Perwakilan NTB Wahyu Priyono dalam sambutannya mengatakan, ini merupakan hasil pemeriksaan yang dilaksanakan sejak bulan Juli hingga September 2016. Hasil pemeriksaaan ini akan menjadi syarat penentu untuk pencairan tahap berikutnya.

Seperti dipahami oleh DPD/DPC/DPW/DPK Parpol, bahwa Pasal 34A ayat (1) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 mengamanatkan Partai Politik wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran yang bersumber dari dana bantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta APBD kepada BPK secara berkala satu tahun sekali, untuk diaudit paling lambat satu bulan setelah tahun anggaran berakhir atau 31 Januari tahun berikutnya.

Kegiatan pemeriksaan memiliki tiga tujuan, yaitu untuk menilai apakah bantuan telah diterima oleh Parpol, untuk melihat apakah bantuan telah digunakan sesuai dengan amanat undang-undang, serta untuk memantau apakah penggunaan uang didukung oleh bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai aturan yang berlaku.

Wakil Gubernur menyampaikan harapan agar setiap tahun ada perbaikan dalam sistem pelaporan.

“Sistem pelaporan yang baik akan mendukung kinerja penyelenggaraan pemerintahan. Dibutuhkan keseriusan dan komitmen kita semua untuk menindaklanjuti berbagai catatan dalam hasil pemeriksaan yang kita terima hari ini,” katanya.

Sementara itu Walikota Bima berharap BPK RI Perwakilan Provinsi NTB dapat terus membimbing Pemerintah Kabupaten dan Kota se-NTB agar dapat menyelesaikan tindak lanjut atas berbagai rekomendasi BPK untuk periode evaluasi selanjutnya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *