Aktifitas Akademik STIE Bima Mulai Menggunakan E-Campus

Kota Bima, Kahaba.- Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima menggelar kegiatan peluncuran E-Campus yang dirangkaikan dengan seminar bertema ‘Peran Tekhnologi Informasi Dalam Memperluas Aksesibilitas, Menuju Kemandirian Mahasiswa’ di kampus setempat, Sabtu (26/11).

Ketua STIE Bima dan Kopertis Wilayah VIII saat memberikan pemaparan saat acara peluncuran E-Campus. Foto: Bin

Ketua STIE Bima dan Kopertis Wilayah VIII saat memberikan pemaparan saat acara peluncuran E-Campus. Foto: Bin

Kegiatan tersebut dihadiri Koordinator Kopertis Wilayah VIII I. Nengah Dasi Astawa, Perusahaan Gama Tekhnologi, sejumlah Ketua Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Bima dan ratusan mahasiswa STIE Bima.

Ketua STIE Bima Firdaus menjelaskan, E-Campus merupakan sistem yang diterapkan untuk mengintegrasikan semua aktifitas akademik. Baik itu informasi, keuangan, perpustakaan, kepegawaian dan pembelajaran akan dibuat terpadu.

“Dengan menggunakan E-Campus, praktis akan mempermudah semua urusan. Aktifitas akademik akan diintegrasi semua,” ujarnya.

Serius ingin menerapkan itu, Firdaus menargetkan penerapan awal semester depan. Karena dengan menggunakan E-Campus, memungkinkan semuanya bekerja dengan baik. Mulai dari staf hingga dosen akan bekerja dikawal dengan sistem. Jika satu saja yang tidak bekerja, maka akan menghambat aktifitas.

Namun diakui pria berkacamata itu, disisi lain dengan penerapan E-Campus, akan menjadi tantangan tersendiri bagi STIE Bima. Pasalnya, sebagian mahasiswa dan dosen perlu memahami dan belajar tentang sistem dan aplikasi tersebut.

“Butuh waktu memang, tapi ini harus dimulai. Karena kami ingin STIE mengintegrasikan pengelolaan kampus dengan tekhnologi,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, pria bergelar Magister Manajemen tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Koordinator Kopertis Wilayah VIII dan Perusahaan Gama Tekhnologi, yang telah bersedia hadir dan mendukung pelaksanaan E-Campus STIE Bima.

Jajaran dosen STIE Bima saat mendengarkan pemaparan Kopertis Wilayah VIII. Foto: Bin

Jajaran dosen STIE Bima saat mendengarkan pemaparan Kopertis Wilayah VIII. Foto: Bin

“Terimakasih, program ini akan sangat membantu pekerjaan dan perkembangan kampus STIE Bima,” ucapnya.

Koordinator Kopertis Wilayah VIII I. Nengah Dasi Astawa mengatakan, penggunaan tekhnologi di kampus akan mengangkat harkat dan martabat kampus. Aktifitas akademik akan aman dan tersimpan dengan baik.

Jadi, sesuatu yang perlu dilakukan di rumah, tidak repot – repot ke kampus. Seperti herregistrasi, mengetahui nilai atau isi KRS, cukup dilakukan di rumah. Layanan sudah tersedia pada masing – masing Handphone mahasiswa. Begitu juga masalah pembayaran uang SPP atau uang ujian, akan dimudahkan semua.

“Praktis dan efisien. E-Campus mempermudah aktifitas kita sehari – hari,” katanya.

Sementara itu, Direktur Perusahaan Gama Tekhnologi Adit mengaku akan mendukung penuh keinginan STIE Bima menggunakan E-Campus. Selaku pihak yang dipercaya untuk memasang jaringan tersebut, akan terus mendampingi jajaran STIE Bima untuk bisa menggunakan E-Campus dengan baik.

Adit menambahkan, jika E-Campus sudah mulai diterapkan, hal – hal sulit selama ini yang ditemukan pada pekerjaan manual akan dipermudah. Karena dengan menggunakan E-Campus, kampus tidak hanya fokus mengurus perkembangan pendidikan dan mahasiswa, tapi juga mampu menguasai IPTEK dan bisa bersaing secara global.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *