Bakesbangpol Akan Gelar Rakor FKDM

Kota Bima, Kahaba.- Setelah mengikuti rapat koordinasi program kerja bersama Kesbangpol Kemendagri se-NTB di Hotel Camelia beberapa waktu lalu, beberapa waktu kedepan Bakesbangpol Kota Bima akan menggelar rapat program lanjutan untuk menyamakan persepsi dan program kegiatan dari pemerintah pusat.

Ilustrasi

Sekretaris Bakesbangpol Kota Bima Abdul Farid mengatakan, pihaknya berencana akan menggelar rapat koordinasi lanjutan bersama instansi terkait, dalam rangka menyikapi perkembangan sosial, politik, keamanan serta mengantisipasi terjadinya permasalahan keamanan dilapangan.

Adapun kegiatan rapat koordinasi akan digelar bersama Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Komunitas Intelejen Daerah (Kominda) dan organisasi sosial lainnya. Pemerintah daerah juga dapat bersilaturahmi dengan semua elemen masyarakat dan organisasi, saling bertukar informasi tentang kondisi sosial kemasyarakatan, maupun kondisi politik terkini.

“Melalui koordinasi dan komunikasi, pemerintah beserta instrumen lembaga lainnya lebih peka menyikapi perkembangan Kamtibmas. Baik itu deteksi dini kondisi kamtibmas yang ada didaerah, maupun berskala nasional,” katanya, baru – baru ini.

Sementera itu Kepala Bidang Pengkajian Masalah Strategis dan Penanganan Konflik M. Tayeb menambahkan, guna memaksimalkan pelaksanaan kegiatan. Pihaknya tetap siap sedia berkomunikasi dengan pihak keamanan, guna menunjang kebutuhan informasi bila ada indikasi gangguan kamtibmas, Bakesbangpol akan cepat turun menangani.

“Penanganan sejak dini, dapat mewujudkan situasi stabilitas dan kondusifitas daerah yang aman dan baik,” tandasnya.

Dijelaskan M. Tayeb, selama bulan Januari hingga menjelang akhir Februari ini, Bakesbangpol belum menerima satupun laporan pengaduan terkat konflik sosial. Itu berarti kondisi Kamtibmas di Kota Bima masih berjalan lancar, aman dan tertib, tanpa ada gangguan.

“Bakesbangpol siap menjadi mata dan telinga pemerintah daerah, dengan intens memantau kondisi ditengah masyarakat. Bila ada informasi dan ditemukan bibit konflik, kita langsung terjun untuk menengahi agar konflik tidak meluas,” katanya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *