Hasil Coklit 107.040 Pemilih, DPS Ditetapkan Sebanyak 102.127 Pemilih

Kota Bima, Kahaba.- KPU Kota Bima menggelar rapat pleno terbuka dalam rangka rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Homestay Tambora, Selasa kemarin.

Ketua KPU Kota Bima Bukhari. Foto: Dok

Kegiatan tersebut dihadiri Panwaslu Kota Bima, Dinas Dukcapil Kota Bima, tim penghubung pasangan calon, baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB maupun Walikota dan Wakil Walikota Bima dan kemudian PPK se-Kota Bima.

Ketua KPU Kota Bima Bukhari mengaku, dalam rapat pleno terbuka kemarin merupakan rekapitulasi dari hasil rekapitulasi yang telah dilakukan secara berjenjang. Selama pelaksanaan rapat pleno terbuka, seluruh elemen yang hadir diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, atas hasil penyusunan daftar pemilih yang dilakukan PPS serta rekapitulasi di tingkat PPS dan PPK.

“Hasil rekapitulasi DPS sejumlah 102.127 pemilih. Sementara dari data pemilih yang dicoklit sebanyak 107.040 orang pemilih. Ada kekurangan jumlah pemilih sebanyak 4.913 orang,” ungkapnya.

Kekurangan itu kata Bukhari, disebabkan karena pemilih yang tidak memenuhi syarat karena meninggal dunia, pemilih ganda, pemilih yang pindah domisili atau keluar dari Kota Bima. Kemudian pemilih yang berubah status menjadi anggota TNI dan Polri, pemilih bukan penduduk Kota Bima lalu pemilih yang tidak dikenal.

“Ada 10 indikator yang menyebabkan berkurangnya data pemilih,” sebutnya.

Setelah penetapan DPS sambungnya, KPU akan mengumumkan kepada publik untuk dimintai tanggapan. Masyarakat diberi kesempatan untuk menyampaikan masukan, apakah ada kekeliruan nama atau alamat.

“Pengumuman ini akan berlangsung selama 10 hari. Nanti pada tanggal 24 Maret mulai diumumkan,” tambahnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *