Pemprov NTB Evaluasi LPPD Kota Bima

Kota Bima, Kahaba.- Selama 3 hari Pemerintah Provinsi NTB melalui Biro Pemerintahan dan tim teknis memeriksa dan mengevaluasi kelengkapan administrasi dan kelengkapan dokumen pembantu Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kota Bima.

Tim dari Pemprov NTB saat periksa dan evaluasi LPPD Kota Bima. Foto: Eric

“Selama 3 hari pemeriksaan dan evaluasi tim LPPD Propinsi NTB berjalan lancar. Meskipun terdapat beberapa kekurangan data pendukung dari beberapa OPD, tapi semuanya bisa dilengkapi,” ujar Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan (AP) Setda Kota Bima H Fahruddin, Jumat (6/7).

Kata dia, setelah semua kekurangan data dari beberapa OPD dilengkapi. Pihaknya segera mengirimkan semua dokumen LPPD ke Provinsi NTB. Kemudian, bulan September mendatang LPPD Kota Bima direncanakan bersama LPPD Provinsi NTB akan diperiksa secara bersamaan oleh tim LPPD Pusat.

“Apabila pemeriksaan LPPD selesai, Kemendagri akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang perengkingan LPPD, untuk masing-masing 10 Kabupaten dan Kota di NTB,” katanya.

Ia menjelaskan, adapun pemeriksaan dan evaluasi LPPD Kota Bima yang tengah dilakukan  meliputi kelengkapan dokumen pendukung dari Indikator Kinerja Kunci (IKK) setiap OPD. Kemudian tataran pengambilan kebijakan administrasi umum dan tataran pelaksanaan kebijakan pemerintah.

Berdasarkan aturan, pemeriksaan ini wajib dilakukan untuk dapat mengevaluasi sejauh mana pengelolaan anggaran dan pengolahan data yang dilakukan setiap OPD. Apakah sudah dilakukan dengan baik dan benar. Agar kedepan setiap daerah yang menyampaikan LPPD bisa mencapai sistem pelaporan dan pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel.

Mengingat Kota Bima tahun 2016 lalu terdampak bencana banjir sambungnya, beberapa dokumen yang harus dipersiapkan untuk diperiksa oleh tim Provinsi  NTB pada tahun 2017 hilang dan rusak. Sehingga berdampak pada penurunan peringkat laporan LPPD tingkat Bali-Nusra.

“Semoga saja dengan adanya beberapa perbaikan dan pembenahan, di tahun 2018 ini Pemerintah Kota Bima bisa meraih predikat terbaik kembali,” harapnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *