oleh

Siswa MAN 2 Praktek Prakarya di Halaman ASI Mbojo

Kota Bima, Kahaba.- Kegiatan belajar mengajar tidak melulu harus dilakukan di dalam ruangan kelas. Pembelajaran menyenangkan sambil mengenalkan sejarah dan budaya sesekali sangat bermanfaat bagi siswa.

Siswa MAN 2 Kobi saat praktek prakarya di Halaman Museum ASI Mbojo. Foto: Ady
Siswa MAN 2 Kobi saat praktek prakarya di Halaman Museum ASI Mbojo. Foto: Ady

Seperti dilakukan siswa Kelas XI MAN 2 Kota Bima, Kamis (8/9) sore. Mereka melaksanakan praktek prakarya cara membuat kue dengan memanfaatkan Halaman Museum ASI Mbojo. Para siswa terlihat sangat



Guru Pembimbing MAN 2, Abdul Muluk mengatakan, mata pelajaran kewirausahaan dan prakarya merupakan bagian dari Kurikulum 2013. Siswa diajarkan ketrampilan tentang cara pengolahan makanan khas daerah..

Baca:   Penjaga SMPN 1 Sape Dipecat Sepihak

“Nah, pada kesempatan kali ini siswa belajar cara membuat kue brownies. Sementara pada praktek sebelumnya kita membuat lampu tidur dengan bahan dasar benang dan balon,” jelasnya.

Diharapkannya, pelajaran tersebut dapat berguna bagi siswa ketika mereka tamat sekolah nanti. Siswa bisa saja menjadi wirausahawan membuka usaha kue dan chatering atau membuka usaha kerajinan lampu tidur unik.

Baca:   25 Guru Kontrak Telah Ditempatkan di Tambora

“MAN 2 tidak melulu belajar agama, tetapi mereka juga dibekali sejumlah pengetahuan lain seperti sekolah umum. Para siswa dibawa ke ASI Mbojo agar mereka tidak jenuh belajar di kelas,” terang Muluk.

Salah satu siswi, Atun mengaku, telah membuat kesepakatan dengan teman-temannya dan guru pembimbing agar tidak hanya belajar di kelas. Siswa dapat memilih lokasi belajar yang dianggap nyaman dan menyenangkan.

Baca:   Siswa Terus Berkurang, 2 SDN di Kota Bima Dileburkan

“Minggu ini kami memilih belajar di ASI Mbojo. Disini, kami tidak hanya praktek tetapi juga bisa sambil mengenal warisan sejarah dan budaya Bima,” ujarnya.

*Ady


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.