69 Guru PAUD Ikut Diklat Berjenjang Tingkat Dasar

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 69 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kota Bima mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) berjenjang tingkat dasar, di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Selasa (24/4). Kegiatan tersebut digelar Dinas Dikbud Kota Bima melalui Bidang Pendidikan non Formal dan Informal.

Proses Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Guru PAUD. Foto: Eric

Kasi Pengembangan Sumberdaya BPP PAUD Dikmas NTB H Ahmad Bawazir menjelaskan, diklat yang digelar ini merupakan pertama dari 3 tahapan yang akan dilalui oleh tenaga pendidik. Karena nanti ada tahapan tingkat lanjutan dan tingkat mahir.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD, untuk lebih maju dan berkembang dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa,” ujarnya.

Bawazir menuturkan, untuk menunjang pelaksanaan diklat tersebut pihaknya kini menggunakan metode yang baru. Jika sebelumnya hanya pemberian materi dengan tatap muka saja. Kini pihaknya melaksanakan diklat melalui metode E-Training, model pembelajaran berbasis online yang telah dikembangkan oleh BP-PAUD dan Dikmas.

Dengan sistem E-Training yang dilaksanakan tersebut, tentu akan meningkatkan kompetensi dan kualitas guru dalam pelaksanaan tugas pembelajaran di sekolah. Sehingga kedepan akan menghasilkan generasi yang cerdas dan pintar.

Selama diklat dilaksanakan sambungnya, para peserta akan diberikan beberapa materi dan konsep dasar tentang tugas dan kewajiban guru PAUD. Baik itu peran pembelajaran, penilaian perkembangan anak, etika, pembetukan karakter serta tata cara berkomunikasi yang baik terhadap peserta didik.

“Setelah memperoleh materi, para peserta kemudian harus membuat sebuah modul pembelajaran yang telah dirancang secara terstruktur dan sistematis. Sehingga dapat menjadi sebuah metode pembelajaran yang bagus, untuk dipresentasikan kepada peserta didik,” bebernya.

Setelah modul pembelajaran selesai dibuat oleh peserta, selanjutnya akan mengikuti tahapan berikutnya berupa tes (kuis). Kemudian ujian komprehensif untuk mengukur tingkat penguasaan dan kemampuan dalam menyerap materi yang telah diberikan.

Bagi peserta yang lulus di tingkat dasar ini, maka selanjutnya akan mengikuti diklat berjenjang tingkat lanjut dan mahir. Kemudian bagi yang belum lulus tingkat dasar, akan diberikan kesempatan lagi untuk mengikuti ujian perbaikan hingga dinyatakan lulus.

Bawazir berharap, dengan peningkatan keilmuan dan wawasan bagi guru PAUD tersebut. Maka kedepan para tenaga pendidik mampu mengaplikasikannya kepada peserta didik, dengan memberikan metode pembelajaran yang mudah dipahami, inovatif dan kreatif.

Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Alwi Yasin menambahkan, Pemerintah Kota Bima akan terus mendukung penuh program kegitan diklat tersebut. Mengingat tingkat animo guru PAUD di Kota Bima yang ingin terus belajar, untuk meningkatkan ilmu dan kemampuan mengajar terus meningkat setiap tahunnya.

“Kami siap mendukung penuh, demi terwujudnya generasi bangsa yang cerdas dan berkarakter,” tambahnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *