DLH Bentuk Kelompok Permata, Mata Air Harus Lestarikan

Kota Bima, Kahaba.- Untuk memastikan sumber mata air terjaga dan terawat dengan baik, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima menggelar sosialisasi sekaligus pembentukan kelompok Perlindungan Mata Air (Permata), di Aula kantor setempat, Selasa (22/2).

Sosialisasi sekaligus pembentukan kelompok Perlindungan Mata Air (Permata) oleh DLH Kota Bima. Foto: Deno

Kepala DLH Kota Bima H Fakhrunrazi menyampaikan, peserta sosialisasi yang diundang untuk mengikuti kegiatan itu, merupakan perwakilan masyarakat di 5 kecamatan yang berada di sekitar sumber mata air.

“Warga yang hadir lalu dibentuk kelompok Perlindungan Mata Air (Permata). Keberadaan kelompok ini diharapkan bisa berperan aktif untuk bisa menjaga sumber mata air,” jelasnya.

Adapaun Kelompok Permata di 5 Kecamatan yang dibentuk masing – masing di Kecamatan Rasanae Timur kelompok Mada Oi Kinda Kelurahan Lelamase. Pada Kecamatan Asakota yakni Kelompok Mada Oi Temba Kolo dan Mada Oi Karara. Di Kecamatan Rasanae Barat adalah Kelompok Mada Oi Niu di Kelurahan Dara. Kemudian Kelompok Mada Oi Temba Nangga dan Mada Oi Ama Kia Kelurahan Panggi Kecamatan Mpunda.

“Untuk Mada Oi di Kecamatan Raba akan segera dibentuk, semua kelompok permata ini di bawah naungan dan pembinaan kami,” ujarnya.

Kata Fakhrunrazi, kelompok mata air diminta bisa menjaga dan lestarikan mata air. Sehingga kualitas dan kuantitas air tersebut bisa terjaga dengan baik. Setiap mata air yang ada juga harus di pagar, dibebaskan lahanya hingga dibuatkan bak agar ditata dengan baik dan benar.

Dari acara tersebut, DLH juga memberikan bantuan bibit pohon berbuah, untuk ditanam disekitar mata air yang ada. Bibit itu jika telah besar bisa menjadi pendukung kelestarian daerah penyangga mata air.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *