Kabar Bima

61 Peserta Ikut Seleksi Cakep SD dan SMP

236
×

61 Peserta Ikut Seleksi Cakep SD dan SMP

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- 61 peserta mengikuti seleksi Calon Kepala (Cakep) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang diselenggarakan Dinas Dikbud Kota Bima, Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Solo dan LPMP NTB. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari sejak Senin – Rabu (18-20/2), di aula SMPN 6 Kota Bima.

61 Peserta Ikut Seleksi Cakep SD dan SMP - Kabar Harian Bima
Suasana pelaksanaan seleksi Cakep SD dan SMP di Aula SMPN 6 Kota Bima. Foto: Eric

Plt Dinas Dikbud Kota Bima Abdul Azis mengungkapkan, peserta akan melalui 2 tahapan tes masing – masing tes akademik, kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara.

61 Peserta Ikut Seleksi Cakep SD dan SMP - Kabar Harian Bima

“Tes ini sangat ketat, karena diawasi langsung oleh tim asesor Provinsi NTB dan juga dari Solo Jawa Tengah. Hasilnya benar-benar berdasarkan kemampuan peserta itu sendiri,” ujarnya.

Azis menjelaskan, setelah tahapan seleksi selesai, hasilnya nanti akan diumumkan dan disampaikan ke peserta. Hasilnya juga bisa menjadi bahan evaluasi, sejauh mana kemampuan para cakep saat mengikuti tes.

Bagi peserta yang meraih nilai tertinggi, akan diusulkan mengganti sejumlah kepala sekolah yang telah memasuki masa purna tugas. Juga kepala sekolah yang telah menjabat selama 2 periode, serta pengganti kepala sekolah yang akan dimutasi.

Sementara itu Sekretaris Dinas Dikbud Kota Bima H Muhammad Yamin menuturkan, di tahun ini terdapat puluhan kepala sekolah yang telah memasuki masa purna tugas dan juga telah menjabat 2 periode. Mereka rencananya akan diganti.

Kata dia, seleksi ini merupakan kebutuhan untuk membantu tugas kepala daerah di bidang peningkatan mutu pendidikan. Sedangkan teknis untuk menentukan calon kepala sekolah, tetap menjadi instruksi dan kewenangan kepala daerah.

*Kahaba-04