Dikbud Pantau UNBK SMP dan SD yang Digelar Serentak

Kota Bima, Kahaba.- Plt Kepala Dinas Dikbud Kota Bima Abdul Azis memantau hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP dan SD sederajat, yang dimulai di SMPN 1 Kota Bima, Senin (22/4).

Kepala Dinas Dikbud Kota Bima saat pantau UNBK di SMPN 1 Kota Bima. Foto: Eric

Berdasarkan jadwal, ujian digelar sampai Kamis (25/4), dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

“Hasil pantauan, pelaksanaan ujian semuanya berjalan lancar. Baik ketersediaan jaringan internet, dan pasokan listrik, semuanya aman,” ujar Azis.

Ia mengakui, penyelengaraan ujian tahun ini terbagi 2 kategori. Ada sekolah yang melaksanakannya dengan menggunakan komputer, maupun yang masih menggunakan sistem manual.

Tahun mendatang, pemerintah daerah mengupayakan bantuan dana lebih untuk lembaga pendidikan. Agar mampu mengatasi kebutuhan sarana dan prasarana, sehingga ujian berbasis komputer bisa dilaksanakan secara menyeluruh.

Azis mengimbau kepada seluruh jajaran satuan pendidikan untuk segera melaporkan kepada pihak dinas bila selama pelaksanaan ujian, terdapat berbagai kendala teknis.

“Bila ada kendala tekhnis, apapun itu segera laporkan. Agar bisa ditindaklanjuti dengan segera,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kota Bima Hj Nurmah menambahkan, pelaksanaan ujian berjalan aman dan terkendali. Bahkan 257 siswa kelas IX yang mengikuti ujian, bisa hadir seluruhnya.

“Semua siswa bisa hadir dan mengerjakan semua soal ujian. Target kami, tahun 2019 ini angka kelulusan 100 persen dan mendapat nilai tertinggi di Kota Bima,” ucapnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *