Ratusan Anak di Bima Ikut Identifikasi Bakat di Cabor Atletik

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 130 orang anak tingkat SD dan SMP di Kota Bima mengikuti idenfitikasi bakat di cabang olahraga (Cabor) Atletik di Lapangan Manggemaci, Rabu pagi (2/10).

Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Kota Bima Abdul Haris Kurniawan. Foto: Bin

Kegiatan yang dilaksanakan Kemenpora melalui Asdep Pendidikan dan IPTEK Olahraga Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga itu bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB dan Persatuan Atletik Indonesia.

Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Kota Bima Abdul Haris Kurniawan menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menggali potensi-potensi bakat anak di Cabor Atletik. Jadwalnya, sekarang ini dilaksanakan di Kota Bima.

“Peserta yang ikut di Kota Bima ini sebanyak 130 anak, tersebar di seluruh SD dan SMP di Kota Bima. Hasil dari identifikasi ini akan ditetapkan nanti oleh panitia pelaksana,” ujarnya di lokasi kegiatan.

Kata Haris, kegiatan hanya dilaksanakan sehari. Setelah prosesnya selesai, nanti akan diumumkan oleh panitia pelaksana, dan kegiatan ini akan dibuat secara berkelanjutan.

“Identifikasi ini memang difokuskan di Kota Bima, karena banyak generasi yang jadi atlet atletik, makanya menjadi fokus perhatian Kemenpora,” katanya.

Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Kota Bima Abdul Haris Kurniawan bersama Kadis Pora Provinsi NTB Husnanidiaty Nurdin. Foto: Bin

Dari kegiatan ini, sangat diharapkan lahir atlet-atlet atletik baru, yang nantinya bisa berkiprah di tingkat nasional dan tingkat internasional.

Sementara itu, Kadis Pora Provinsi NTB Husnanidiaty Nurdin memaparkan, di NTB memang dibantu oleh Kemenpora untuk mencari anak-anak yang sangat berbakat. Karena di NTB, diakui memiliki bakat atletik yang benar-benar alami.

Ia menyebutkan, identifikasi ini digelar se-Pulau Sumbawa dengan jumlah keseluruhan sebanyak 750 anak. Di Kabupaten Bima dan Kota Bima dijatah sebanyak 250 orang anak.

“Nanti setelah terjaring akan dianalisa oleh pakar-pakar dan dari orang-orang perguruan tinggi semua. Setelah itu akan diumumkan anak-anak yang sangat berbakat ini,” ungkapnya

Setelah itu, pihaknya akan kembali ke Bima untuk menjelaskan tentang itu kepada sekolah dan orang tua. Kemudian menitipkan anak-anak yang sangat berbakat ini kepada guru olahraga dari kepala sekolah,

“Tim pemantau khusus dari Persatuan Atletik Indonesia nanti akan membawa langsung anak yang berbakat ini ke Jakarta. Tidak pakai nunggu, langsung dibawa,” jelasnya.

Ia berharap, dari kegiatan ini semakin banyak anak-anak Bima yang bisa dilatih di Pelatnas. Dan lahir generasi di Cabor Atletik yang bisa bersaing di tingkat nasional dan internasional.

*Kahaba-01 

 

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *