oleh

Bawaslu Bima Monev Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Calon Perseorangan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Bawaslu Kabupaten Bima, Selasa (30/6) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) yang mengawasi proses verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan yang bakal berkompetisi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 9 Desember 2020 mendatang.

Bawaslu Bima Monev Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Calon Perseorangan - Kabar Harian Bima
Bawaslu Bima saat monitoring verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan. Foto: Ist

Koordinator Divisi (Kordiv) Organisasi dan Sumber Daya Manusia (O-SDM) Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin menjelaskan, monev itu dilakukan untuk memastikan PKD melaksanakan tugas dengan baik  terhadap proses verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan di wilayah tugas masing-masing PKD.



Menurutnya, verifikasi faktual yang dilaksanakan oleh penyelenggara tekhnis (PPS) di masing-masing desa harus diawasi secara melekat oleh PKD.

Baca:   Verifikasi Calon Penghuni Rumah Korban Banjir Capai 80 Persen

“Untuk memastikan itu, kami berbagi personil melakukan monev apakah verifikasi faktual yang dilakukan PPS benar-benar diawasi oleh PKD,” jelasnya.

Selain itu kata dia, dalam melaksanakan tugas di lapangan, PKD harus mengikuti standar protokol kesehatan Covid-19, yakni menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Diakuinya, dari hasi Monev tersebut, PKD benar-benar menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yakni melakukan pengawasan melekat terhadap proses verifikasi faktual dengan segala perlengkapan sesuai dengan standar prokol kesehatan Covid-19.

Baca:   Dewan Belum Pegang LHP BPK, Monev pun tak Jelas

“Alhamdulillah, setiap desa yang kami kunjungi semua PKD mengawasi proses verifikasi faktual dengan baik yang disertai dengan perlengkapan APD yang telah tersedia,” pungkasnya.

*Kahaba-01


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.