Kalahkan Juara Bertahan 2 Musim, SMPN 3 Bolo Sabet Trofi GSI 2019

Kabupaten Bima, Kahaba.- SMPN 3 Bolo akhirnya menjadi yang terbaik dan menjuarai Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2019, setelah mengalahkan SMPN 1 Woha dengan skor 1-0, saat laga di Lapangan Menara Desa Rada Kecamatan Bolo, Sabtu (5/10).

Penerimaan piala juara 1 SMPN 3 Bolo. Foto: Yadien

Laga final antara 2 sekolah yang berasal dari kecamatan yang berbeda tersebut berjalan sengit. Jual beli serangan terjadi dari menit pertama hingga wasit meniup pluit panjang.

Pada menit ke-7, SMPN 3 Bolo membobol gawang SMPN 1 Woha lewat kaki kiri pemain nomor punggung 13 Ibnu Abbas, yang memanfaatkan bola umpan. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Usai itu, permainan kedua klub pada babak kedua semakin panas. Sejumlah gaya dan strategi di peragakan para pemain di tengah lapangan. Beberapa kali kedua gawang klub hampir kebobolan. Namun hingga laga berakhir skor tidak berubah.

Kepala SMPN 3 Bolo Dahlan mengaku sangat bangga dan apresiasi dengan perjuangan dan prestasi yang diraih oleh siswa-siswanya itu. Meskipun berhadapan dengan juara bertahan 2 musim, anak-anak didiknya tetap bisa menampilkan permainan terbaik dan keluar sebagai juara.

“Yang kita lawan adalah juara bertahan 2 musim. Ini prestasi yang luar biasa,” ujarnya.

Kendati telah menjadi juara, dirinya tidak mau terlampau bangga. Karena torehan tersebut merupakan permulaan untuk meraih prestasi lain di masa yang akan datang.

Ia menyampaikan terimakasih kepada pelatih klub sepak bola sekolah setempat yang sudah meletakkan dan mengembangkan kemampuan para siswa. Karena itu, sebagai bentuk apresiasi ia memberikan bonus kepada sang pelatih.

“Ada bonus, tapi tidak bisa saya sebutkan nominalnya,” ungkap Dahlan.

Tidak hanya untuk pelatih. Untuk para pemain ia juga akan memberikan bonus dari sekolah selain hadiah yang didapat dari panitia.

“Insya Allah ada bonusnya. Hanya saja tidak banyak. Kita sesuaikan dengan kemampuan sekolah,” jelasnya.

Kepala Dinas (Kadis) Dikbudpora Kabupaten Bima Zainudin menyampaikan terima kasih kepada kedua klub karena telah menunjukan permainan yang luar biasa. Tahun depan kegiatan serupa akan dimajukan sehingga bertepatan dengan tanggal 2 Mei.

“Selain itu, anggaran penyelenggaraan GSI akan ditambah supaya lebih meriah,” inginnya.

Mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, pihaknya berterima kasih kepada semua elemen yang telah berpartisipasi sehingga kegiatan ini berjalan lancar sesuai harapan.

Kasi Olahraga Dikbudpora Kabupaten Bima Nurdin melaporkan, jumlah klub yanhg mengikuti turnamen tersebut sebanyak 18 klub atau sekolah yang ada di Kabupaten Bima.

“Kegiatan mulai dilaksanakan tanggal 17 September dan berakhir tanggal 5 Oktober,” ujarnya

Total hadiah yang disediakan sebesar Rp11 juta lebih dengan rincian, juara 1 SMPN 3 Bolo mendapat sebesar Rp5 juta. Juara 2 SMPN 1 Woha sebesar Rp4, 5 juta dan Juara 3 SMPN 1 Bolo mendapat hadiah sebesar Rp3,25 juta.

“Selain hadiah berupa uang tunai. Klub yang meraih juara 1 hingga juara 3 mendapat piala tetap sedangkan bagi juara 1 menerima piala bergilir. Sedangkan pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak juga mendapat piala tetap,” tukasnya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *