Sekda Buka Sosialisasi Proyek PPIP

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sekda Kabupaten Bima Drs. HM. Taufik HAK MSi  Jumat ( 22/8) membuka secara resmi kegiatan sosialisasi pelaksanaan Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan ( PPIP) Tahun anggaran 2014  di aula kantor Bupati Bima LLK Jatiwangi.

Sekda saat membuka acara Sosialisasi Proyek PPIP. Foto: HUM

Sekda saat membuka acara Sosialisasi Proyek PPIP. Foto: HUM

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas  Pekerjaan Umum Kabupaten Bima Ir. Nggempo MMT, Satker PPIP Provinsi NTB  Sudarni, 14 Camat, dan 40 Kades lokasi proyek se – kabupaten Bima.

Sekda dalam arahan mengatakan program PPIP tahun anggaran 2014 merupakan program penguatan PNPM Mandiri yang dilaksanakan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk percepatan penanggulangan kemiskinan dan perluaan kesempatan kerja.

Untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok sehingga mampu memecahkan berbagai permasalahan terkait kemiskinan yang ada di Desa.

Oleh karena itu PPIP dititikberatkan penanganan pada Desa yang memiliki kepala keluarga miskin besar dan tingkat pelayanan infratruktur yang rendah.

“Fokus utamanya adalah pengembangan masyarakat Desa, pembangunan peningkatan infrastruktur perdesaan dan peningkatan kapasitas pemerintah dan pelaku program,” ujarnya.

Kata dia, Tahun Anggaran 2014, Pemerintah telah mengucurkan dana senilai Rp 4 Miliar untuk disebar pada 40. “Desa masing – masing mendapat anggaran sebanyak Rp 100,” sebutnya.

Alokasi dana itu, diakuinya untuk dihajatkan bagi peningkatan akses masyarakat terhadap pelayanan infrastruktur dasar perdesaan. Termasuk peningkatan kapasitas para pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pembangunan dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

“Program ini harus mengedepankan partisipasi masyarakat, karena akan mendorong kemandirian dalam penangulangan kemiskinan di wilayah pedesaan,” jelasnya.

Sementara itu,  Kepala Dinas PU Kabupaten Bima Ir. Nggempo, MMT mengatakan sosialisasi pelaksanaan PPIP dimaksudkan agar masyarakat dapat  mengetahui dan menikmati  program yang dilaksanakan oleh pemerintah guna pemenuhan kebutuhan.

Ditambahkannya, untuk tahun 2014 alokasi yang dikucurkan untuk program PPIP sebesar Rp 4 Miliar untuk tahap pertama, tahap kedua sebesar Rp 11 miliar secara multiyear yang berasal dari APBN.

*DEDY/HUM

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *