Data BPBD, Enam Kecamatan Dihantam Puting Beliung

Kabupaten Bima, Kahaba.- Hasil pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, enam Kecamatan yang juga tak luput dari badai terbesar selama beberapa tahun terakhir tersebut. Kecamatan Sape dan Langgudu, menjadi wilayah terparah.

Salah satu rumah warga yang rata dengan tanah dihantam puting beliung. Foto: Abu

Salah satu rumah warga yang rata dengan tanah dihantam puting beliung. Foto: Abu

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Bima, Drs. H. Sumarsono, SH, dari dua Kecamatan itu teridentifikasi ratusan rumah rusak parah dan. Sementara secara keseluruhan, BPBD mendata di empat Kecamatan lain, masing-masing Sanggar, Monta, Lambu dan Soromandi juga mengalami kerusakan pada beberapa rumah.

“Dari enam Kecamatan itu, didata sekitar seribu lebih rumah yang rusak akibat musibah tersebut,” sebutnya saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin (23/2).

Kata dia, secara detail kerusakan dan kerugian warga sedang dihimpun di lapangan. “Ini baru laporan yang kami terima,” jelasnya.

Sumarsono mengaku, secara umum kerusakan hingga menyebabkan rumah rata dengan tanah tidak begitu banyak. Rata-rata kerusakan rumah warga pada bagian atap dan masih bisa diperbaiki.

Untuk membantu meringankan beban warga, usai kejadian tim dari BPBD berkoordinasi dengan Kecamatan sudah turun kelokasi membawa bantuan.

“Bantuan sudah kita salurkan usai kejadian, seperti makanan dan sembako. Sementara sejauh ini kebutuhan tenda darurat belum ada karena warga masih bisa menempati rumahnya setelah diperbaiki. Kita masih terus menyalurkan bantuan ke wilayah lainnya,” ungkapnya.

*Erde

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *