Kabar Bima

MAN 1 Gelar Simulasi UNBK

317
×

MAN 1 Gelar Simulasi UNBK

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 175 siswa MAN 1 Kota Bima mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Nasional. Kegiatan yang dilaksanakan selama enam hari sejak tanggal 15 hingga 20 Februari tersebut antusias diikuti siswa.

Simulasi UNBK yang digelar MAN 1 Kota Bima. Foto: Eric
Simulasi UNBK yang digelar MAN 1 Kota Bima. Foto: Eric

“Ada tiga ruang kelas yang dipersiapkan, dengan jumlah 75 komputer. Ujian sendiri dibagi tiga gelombang dengan waktu yang berbeda, karena jumlah siswa yang ikut simulasi cukup banyak,” ujar Kepala MAN 1 Kota Bima Mansyur, Selasa (16/2).

MAN 1 Gelar Simulasi UNBK - Kabar Harian Bima

Selama pelaksanaan simulasi, siswa akan didampingi panitia dan tekhnisi komputer, agar pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar dan tertib. Bila terjadi gangguan tekhnis pada komputer, tekhnisi dipersiapkan untuk memperbaiki.

“Alhamdulillah, selama pelaksanaan simulasi tidak ada kendala, bahkan seluruh siswa kelas XII antusias mengikuti ujian,” beber ayah empat anak ini.

Dijelaskan Mansyur, materi UNBK terdiri 12 mata pelajaran dari masing-masing jurusan dengan jumlah 100 soal. Dalam soal tersebut panitia telah mengacak, untuk menghindari terjadinya tindak kecurangan.

Seluruh materi soal telah ditentukan pusat dan terjamin keabsahannya, sekaligus meminimalisir apabila ada tindak kecurangan dalam pelaksanaan ujian.

UNBK mempunyai banyak manfaat diantaranya efektif, dari segi waktu dan sarana dan prasarana, kemudian tidak akan ada siswa yang tertukar soal, menambah kepercayaan diri siswa serta melatih siswa untuk jujur.

“Saya berharap kepada seluruh siswa, agar tetap optimis, semangat dan percaya diri selama pelaksanaan UNBK 2016 ini. Bahkan, meminta untuk terus melatih baik secara individu maupun secara kelompok dalam mengerjakan contoh soal ujian, sebab UNBK hanya tinggal menghitung bulan,” tambahnya.

*Eric