Dua Babinkamtibmas Polres Bima Ini Jadi Inspirasi 

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sosok Anggota Kepolisian yang mengispirasi tidak hanya ada di luar daerah. Polres Bima juga memiliki dua Anggota Babinkamtibmas yang mengispirasi rekan-rekannya dan menjadi panutan masyarakat.

Bripda Rivaldi saat mengajar anak-anak membaca Al Quran. Foto: Istimewa

Keduanya adalah Bripda Rivaldi, Babinkamtibmas Desa Mpili Kecamatan Donggo dan Brigader Irwan, Babinkamtimas Desa Boro Kecamatan Sanggar. Meski hanya anggota biasa, keduanya mampu menunjukan pengabdian tanpa jarak dengan masyarakat.

Seperti halnya, Bripda Rivaldi. Sosok Polisi yang satu ini sejak lama dikenal sebagai salah satu Babinkantibmas yang mengispirasi. Ia sering mengajarkan ngaji pada anak-anak di desa tempat dia bertugas. Selain rajin mengajarkan membaca Al-qur’an pada anak-anak, dia juga suka menolong warga yang sedang dalam keadaan susah.

Salah satu cerita inspirasi Bripda Rivaldi ketika dia sedang melaksanakan Patroli Sambang Desa ke Dusun Kemunti, Rabu (04/01). Di tengah perjalanan Jalan Wadukala tepat di tanjakan Ia melihat seorang warga yang baru pulang dari hajatan di Dusun Wadukala. Warga tersebut terlihat sedang kebingungan karena motor yang digunakannya mogok.

Tanpa pikir panjang, Bripda Rivaldi menghentikan laju kendaraan dinasnya dan langsung turun untuk membantu memperbaiki motor warga tersebut. Tak hanya itu, Ia bahkan membantu mendorongnya dari arah bawah sampai ke atas pada jalan tanjakan.

Di masyarakat desa setempat dan sekitarnya, Bripda Rivaldi memang dikenal sebagai sosok Babhinkamtibmas yang santun dan sangat peduli terhada sesama.

Brigadir Irwan saat membantu warga menggali kubur. Foto: Istimewa

Tak kalah inspiratif lagi Brigader Irwan. Babinkamtibmas yang bertugas di Desa Boro Kecamatan Sanggar ini selalu membantu kegiatan sosial masyarakat tanpa membedakan jabatan dan status sosial.

Seperti yang dia sering lakukan adalah pada saat adanya warga desa tempatnya bertugas meninggal dunia,  Brigader Irwan selalu datang untuk menggali kuburan dengan warga lain.

Salah satu perwira di Polres Bima, IPTU I Made Dimas menilai,  kedua Babinkantibmas tersebut memang memiliki jiwa sederhana dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat. Dirinya kerap mendengarkan cerita dan laporan dari masyarakat tempat mereka bertugas terkait karaktek positif keduanya.

Masyarakat sangat senang dengan kedua anggotanya tersebut. Hal itu menurutnya, harus menjadi teladan bagi Anggota Polisi lainnya. Saat bertugas, lebih mengutamakan saling membantu dan bergotong royong sangatlah penting dalam menjalankan kehidupan ini.

“Kami semua berharap agar masyarakat dan Polisi selalu menjujung tinggi kerjasama yang baik dalam hal apapun yang bernilai positif,” harapnya.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *