117 KK di Kota Bima Terdampak Banjir

Kota Bima, Kahaba.- Hujan lebat Minggu kemarin (21/1) di Kota Bima menyebabkan sejumlah wilayah di kelurahan terdampak banjir. Data dari pemerintah setempat, tercatat sebanyak 117 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak.

Wakil Walikota Bima beserta jajaran saat meninjau dampak banjir di Paruga. Foto: Hum

Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Syahrial Nuryadin mengatakan, hujan lebat mengakibatkan meluapnya Sungai Dodu dan Sungai Lampe. Ke dua sungai tersebut bermuara ke Sungai Padolo melewati Kumbe, Rabadompu, Rontu, Manggemaci, Dara, Paruga, dan Tanjung.

“Air sempat meluap ke beberapa pemukiman warga di RT 10 Kelurahan Rontu, serta di Kampung Sigi RT 8, 9, dan 10 RW 3 Kelurahan Paruga dan sebagian wilayah Kelurahan Dara. Tinggi genangan mencapai 20 – 60 cm,” ungkapnya.

Sementara upaya yang dilakukan yakni, mengevakuasi masyarakat untuk sementara mengungsi di Masjid Sultan Salahudin. Jumlah pengungsi sebanyak 10 Kepala Keluarga. Kemudian melakukan pembersihan sampah dengan mobil ekskavator di Sungai Padolo yang menyebabkan tersumbatnya aliran air dan lokasi lain yang membutuhkan penanganan.

“Kegiatan pembersihan diawasi oleh Wakil Walikota H A Rahman H Abidin dengan melibatkan tim gabungan Pol PP, Tagana, Damkar dan TSBK,” katanya.

Ia menyebutkan, atas musibah itu tidak korban jiwa. Sementara Rmah terendam di Kelurahan Paruga sebanyak 75 KK, Kelurahan Dara sebanyak  30 KK dan Kelurahan Rontu sebanyak  12 KK.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *