Petani Diminta Segera Lapor Jika Tanaman Diserang Hama

Kabupaten Bima,  Kahaba.- Untuk menghindari terjadinya gagal panen, petani diminta agar segera melaporkan kepada Dinas Pertanian dan PPL jika melihat tanaman pertanian seperti padi ada gejala terserang hama.

Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima Indra Jaya. Foto: Yadien

“Tolong dilaporkan langsung agar segera dicarikan solusi,” saran Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima Indra Jaya, usai memberikan pembinaan PPL Kecamatan Bolo dan Madapangga, di aula kantor BPP Madapangga,  Senin (4/3).

Kata dia, hal itu sangat perlu dilakukan untuk menghindai terjadinya gagal panen yang mengakibatkan petani rugi. Karena secara teknis, setiap kecamatan ada PPL selaku petugas lapangan yang setiap saat memantau kondisi tanaman pertanian. Namun akan lebih baik petani langsung melaporkan tanpa menunggu PPL menemukannya langsung.

“Lebih cepat lebih baik, silahkan datangi PPL dan beritahu masalah tanamannya,” tutur Indra.

Jika dilaporkan lebih awal dan cepat, dinas terkait juga akan lebih cepat mengatasi dan mencarikan obat yang cocok dengan jenis hama yang menyerang tanaman.

Ditanya soal pembinaan PPL yang dilakukannya, Indra mengaku tidak saja membahas mengenai tanaman pertanian. Namun juga membahas mengenai administrasi dan sebagainya. Karena dikuatirkan ada temuan dari pihak yang mengaudit.

“Semua harus dikerjakan dengan baik. Agar tidak ada temuan oleh pemeriksa,” tutupnya.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *