Kabar Kota Bima

FKSBM Penatoi Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

370
×

FKSBM Penatoi Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Mendorong masyarakat agar mau berwirausaha secara mandiri, Forum Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat (FKSBM) Kelurahan Penatoi menggelar kegiatan pelatihan budidaya ikan air tawar (jenis lele).

FKSBM Penatoi Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar - Kabar Harian Bima
Camat Mpunda Iskandar Zulkarnain bersama FKSBM Kelurahan Penatoi saat kegiatan pelatihan budidaya ikan air tawar. Foto: Ist

Kegiatan dimaksud dihelat di halaman warga RT 10 RW 03 kelurahan setempat dan dihadiri Ketua FKSBM Nurul Muslimin, Kepala Dinas Sosial H Muhidin, Camat Mpunda Iskandar Zulkarnain, Lurah Penatoi Kaimudin dan masyarakat.

FKSBM Penatoi Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar - Kabar Harian Bima

Ketua FKSBM Kelurahan Penatoi
Nurul muslimin menyampaikan, agenda kegiatan ini merupakan bagian dari program lembaga baik bergerak melalui peningkatan pemberdayaan manusia, serta kegiatan pembangunan fisik lain.

“Kami ingin membagi pengetahuan sekaligus motivasi untuk masyarakat, agar mau menciptakan peluang kerja dengan berwirausaha mandiri,” ujarnya.

Melalui pelatihan tersebut dia berharap seluruh peserta agar dapat fokus mendengarkan arahan pemateri, sehingga ilmu yang didapatkan bisa menjadi modal untuk mulai membuka peluang usaha mandiri.

“Program budidaya ikan air tawar ini diharapkan bukan sekali ini saja dilaksanakan, tapi harus berjalan berkelanjutan dan menjadi mata pencaharian masyarakat,” katanya.

Lurah Penatoi Kaimudin mengatakan, wilayahnya memiliki banyak potensi yang bisa diangkat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Di antaranya adalah budidaya ikan lele, karena di wilayah tersebut terdapat pakan protein tinggi dengan tersedianya ampas tahu yang melimpah.

“Semoga dengan adanya potensi itu, instansi terkait dapat membantu dengan memberikan program pembangunan fisik, maupun pemberdayaan kerena Penatoi merupakan jantungnya kota,” bebernya.

Sementara itu, Camat Mpunda Iskandar Zulkarnain menambahkan, kegiatan pemberdayaan ini harus selalu dilakukan disetiap kelurahan. Sehingga program pemberdayaan dapat berjalan dengan lancar dan ekonomi masyarakat bisa meningkat.

“Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap program bantuan pemerintah pada masyarakat yang terbatas. Tapi yang pasti pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PKSBM Penatoi ini, karena dari sisi ekonomi dapat mensejahterakan pelaku usaha,” tambahnya.

*Kahaba-04