Warga Oi Fo’o Sampaikan Sejumlah Aspirasi

Kota Bima, Kahaba.- Mengakhiri jadwal Reses pada masa sidang kedua Tahun Anggaran 2015, Anggota DPRD Kota Bima Dapil 3 menggelar Reses di Kelurahan Oi Fo’o Kecamatan Rasanae Timur, Sabtu (26/9).

Dewan Dapil 3 saat menjaring aspirasi warga Kelurahan Oi Fo'o. Foto: Bin

Dewan Dapil 3 saat menjaring aspirasi warga Kelurahan Oi Fo’o. Foto: Bin

Kegiatan yang dihelat didepan Kantor Lurah setempat hanya dihadiri puluhan warga saja. Namun, aspirasi yang disampaikan terbilang banyak, karena daerah pinggir Kota Bima masih minim perhatian Pemerintah Daerah.

Seperti disampaikan Ketua LPM Oi Fo’o, Usman, ia meminta agar lapangan Kelurahan setempat diratakan, karena tidak ada lapangan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Kemudian masalah kesehatan, karena di Oi Fo’o masih banyak yang terindikasi penyakit Kusta. Soal pertanian, Usman meminta butuh bantuan bor sumur dalam, karena musim kemarau, warga setempat sulit mendapatkan air bersih.

Lalu Dahlan, ia meminta agar Dam Kolo di Desa Ooi Fo’o diperhatikan. Karena sudah bertahun tahun irigasinya tidak pernah diperbaiki. Petani yang ingin mengairi sawahnya kesulitan karena irigasi sudah rusak. Dirinya juga berharap Pemerintah membuat pemakaman umum, karena selama ini warga yang meninggal dikubur di kebun dan di samping rumah sendiri. “Kami juga minta seluruh gang di Kelurahan O Fo’o diperbaiki dan diaspal,” pintanya.

Sementara itu, Burhan berharap agar Pustu yang sekarang sudah tidak memiliki Bidan, segera ditunjuk Bidan untuk melayani kebutuhan kesehatan masyarakat. Kemudian Mobil Ambulance, diminta agar satu unit ditempatkan di Oi Fo’o, karena selama ini warga yang sakitnya harus dirujuk kesulitan untuk di bawa ke RSUD Bima.

Warga lain, Emi Mulyati, meminta karena banyaknya perempuan dan pemudi yang masih menganggur, minta agar dibantu untuk aktifitas, seperti usaha tenun. Masjid di Kelurahan setempat juga juga tidak ada memiliki plafon, dan sebagian dindingnya akan roboh. “Mohon dibantu dan diperhatikan Pak Dewan,” pintanya.

Menjawab sejumlah aspirasi tersebut, anggota DPRD Kota Bima, Nazamudin menjelaskan, Reses merupakan agenda Rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Dengan maksud menyerap aspirasi masyarakat dan memperjuangkannya masuk dalam Program Pemerintah.

“Di Oi Fo’o, ada beberapa program yang sudah masuk dan tengah berjalan. Namun pada hasil Reses pertama di Kelurahan ini, akan kami perjuangkan meski tidak semua diakomodir,” tuturnya.

Anggota Dewan lain, menjawab maslaah tidak adanya Bidan Kelurahan, ia berjanji akan kita pastikan hari Senin pekan depan di Puskesdes Kelurahan Oi Fo’o sudah ada Bidan. “Kami akan segera memanggil Dinas Kesehatan untuk menempatkan Bidan dan satu unit Ambulance. Karena ini urgen sekali,” janjinya.

Edy Ihwansyah, Wakil Rakyat lain menambahkan, Reses tidak memperhatikan jumlah suara yang diperoleh pada suatu wilayah, tapi sudah menjadi tanggungjawab semua anggota Dewan di Dapil 3 untuk memperhatikannya dan mengevaluasi kebijakan Pemerintah terhadap perhatian di masing -masing Kelurahan.

“Kelurahan Oi Fo’o juga menjadi bagian tanggungjawab 9 orang DPRD Kota Bima di Dapil 3, dan kami akan memperjuangkan kebutuhan warga Oi Fo’o,” ucapnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *