Pemaduserasian RENJA OPD, Bappeda Rapat Bersama FPD

Kota Bima, Kahaba.- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bima menggelar rapat bersama Forum Perangkat Daerah (FPD) se-Kota Bima, di Aula kantor Kecamatan Mpunda Senin (19/3).

Bappeda saat menggelar rapat bersama FPD. Foto: Eric

Kegiatan tersebut digelar guna membahas tentang Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan (RPTK), agar pembangunan berkelanjutan dapat berjalan dengan baik dan terencana serta tersistematis.

Hadir dalam acara tersebut antara, Plt Sekda H Syamsuddin, Plt Bappeda H Tafsir, anggota DPRD M Irfan, Kepala Dinas PUPR M Amin, Kepala Bakesbangpol Achmad Fathoni,  Camat se-Kota Bima serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kegiatan Forum Perangkat Daerah (FPD) ini bertujuan, untuk melakukan penyelarasan rancangan RENJA Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dengan hasil Musrenbang tingkat Kecamatan dan beserta usulan stakeholders lainnya,” ujar Plt Kepala Bappeda Kota Bima H Tafsir.

Tafsir menyampaikan, bahwa forum perangkat daerah ini merupakan wadah bersama antar pelaku pembangunan. Untuk membahas program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang kecamatan, dengan organisasi perangkat daerah lainnya. Guna menyusun dan menyempurnakan Renja OPD yang tata cara penyelenggaraannya, difasilitasi oleh OPD terkait.

“Titik fokus kita kedepannya ialah upaya untuk mengejar target RPJMD,” katanya.

Mantan sekretaris Bappeda itu menjelaskan, forum perangkat daerah yang dilakasanakan selama 2 hari ini bertujuan untuk mensinergikan prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil musrenbang kecamatan, dengan rancangan Renja perangkat daerah.

Kemudian menetapkan prioritas program dan kegiatan pembangunan dalam Renja perangkat daerah, lalu menyesuaikan prioritas Renja perangkat daerah dengan alokasi anggaran indikatif perangkat daerah, yang tercantum dalam rancangan awal RKPD, serta mengidentifikasi efektifitas regulasi yang berkaitan dengan fungsi perangkat daerah.

“Melalui kegiatan FPD ini, pemerintah ingin mengajak semua stakeholders untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Agar terwujud kehidupan sosial ekonomi secara serasi, seimbang dan lestari,” tandasnya.

Sementara itu Plt Sekda H Syamsuddin menambahkan, agar dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahun 2019 kedepan, harus memperkuat reformasi pembangunan dalam menciptakan struktur ekonomi yang kokoh.

Melalui pemulihan dan pemantapan infrastruktur, ekonomi daerah dan sosial budaya, kemudian memantapkan pembangunan secara menyeluruh dengan menekankan pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian berbasis SDA dan SDM berkualitas serta kemampuan IPTEK.

“Saya berharap bahwa forum perangkat daerah yang kita laksanakan ini, sebagai forum diskusi antar OPD yang mampu menghasilkan penyelarasan program yang dapat mensejahterakan masyarakat,” harapnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *