Penerimaan PAD Pemkot Bima Semester Pertama Capai Target

Kota Bima, Kahaba.- Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bima pada semester pertama tahun 2018 cukup menggembirakan. Dari target satu tahun sebanyak Rp 33.353 Miliar, 6 bulan pertama penerimaan sudah mencapai Rep Rp 15.741 Miliar.

Kepala Bidang Penagihan dan Keberatan BPKAD Kota Bima M Natsir. Foto: Bin

Kepala Bidang Penagihan dan Keberatan BPKAD Kota Bima M Natsir menjelaskan, terkait dengan capaian pada triwulan kedua atau 1 semester tahun 2018, secara angka dan statistik cukup memuaskan.

“Idealnya persemester itu cukup 50 persen, tapi kita bahkan saat ini sudah mencapai 59 persen,” ungkapnya, Selasa (24/7).

Artinya secara statistik kata dia, ada pelampauan dari target sebanyak 9 persen. Sementara tahun lalu, pada semester pertama tidak mencapai 50 persen atau sekitar 44 persen. Tapi tahun ini [ada semester awal ada sedikit kenaikan.

Akan tetapi sambung Natsir, jika dilihat dari 11 OPD penanggung piutang, hanya sekitar 50 persen yang capaiannya di atas 40 persen. Sisanya di bawah 40 persen, bahkan ada disalah satu OPD yang masih nol penerimaan.

“Tercapainya target pada semester pertama di tahun ini, karena berkat penerimaan BPKAD yang melebihi target,” katanya.

Di BPKAD sebutnya, target PAD sebesar Rp 19.546 Miliar. Sementara realisasi pada semester pertama sudah mencapai Rp 14.133 Miliar atau sebanyak 72,30 persen. Hasil penerimaan di BPKAD itu, kalau diakumulasi secara keseluruhan cukup signifikan dan mendongkrak penerimaan.

Natsir menambahkan, melihat penerimaan di semester pertama tersebut pihaknya sudah cukup puas. Hanya saja jika OPD lain juga memiliki irama yang sama, maka penerimaan akan jauh lebih banyak lagi.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *