oleh

HMI Tegaskan Bima Bukan Sarang Teroris

-Kabar Bima-3 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Upaya untuk melawan paham radikal dan terorisme di Bima terus digaungkan masyarakat maupun pemerintah. Organisasi kemahasiswaan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima juga ambil bagian dalam mengkampanyekan perlawanan terhadap paham berbahaya tersebut.

Pembukaan Sarasehan Lintas Aktor yang digelar HMI Bima. Foto: Ady
Pembukaan Sarasehan Lintas Aktor yang digelar HMI Bima. Foto: Ady

Salah satunya dengan menggelar Sarasehan Lintas Aktor Dana Mbojo. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Bima, Selasa (26/7).

Dalam kegiatan ini, HMI menggandeng Pusat Studi Konflik, Agama dan Budaya (PUSKAB) NTB. Melibatkan sejumlah unsur, seperti Pemerintah, TNI, MUI, Badan Kesbangpol, Mahasiswa maupun pelajar. Hadir pula Wakil Walikota Bima, H Arahman H Abidin membuka kegiatan tersebut.

Ketua Umum HMI Cabang Bima, Gufran mengatakan, sarasehan lintas aktor yang digelar merupakan bentuk dukungan mahasiswa terhadap deklarasi melawan radikalisme dan terorisme yang dilaksanakan Pemerintah Kota Bima beberapa hari lalu.

“Kami sadar, upaya untuk melawan radikalisme dan terorisme membutuhkan kebersamaan semua pihak. Dan ini merupakan upaya tindak lanjut HMI mendukung agenda tersebut,” tegas Gufran.

Menurutnya, stigma zona merah sudah terlanjur disematkan kepada daerah Bima. Untuk menghapus stigma itu, harus ditunjukan oleh masyarakat bahwa Bima tidak seperti yang dituduhkan.

“Kami dari elemen mahasiswa HMI pada kesempatan ini juga secara tegas menolak Bima dicap sebagai sarang teroris dan menolak segala bentuk paham radikal,” tegas Gufran.

Sementara itu, Wakil Walikota Bima, H Arahman H Abidin dalam sambutannya mengapresiasi peran HMI Cabang Bima dalam mendukung pemerintah menolak radikalisme dan terorisme. Kegiatan yang digelar dinilai bentuk kontribusi nyata mahasiswa dalam memberikan pemahamam kepada masyarakat.

“Saya salut, HMI punya inisiatif menggerakkan mahasiswa dan pemuda menindaklanjuti deklarasi kemarin. Mudah-mudahan tidak hanya HMI, tetapi organisasi mahasiswa dan pemuda lainnya juga bisa tampil di depan membersihkan nama daerah kita,” kata Arahman.

Dalam sarasehan ini, hadir sebagai narasumber Dandim 1608 Bima, Letkol Arh Edi Nugraha, Ketua MUI Kota Bima, HM Saleh Ismail, Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar dan Badan Kesbangpol Kota Bima.

*Ady

Komentar

Kabar Terbaru