Jelang USBN PAI, Kemenag Gelar Rapat Koordinasi

Kota Bima, Kahaba.- Jelang pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat SMA sederajat se-Kota Bima tanggal 23 Maret 2019, Jajaran Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima menggelar rapat koordinasi di aula FKUB, Kamis (21/3).

Rakor Kemenag membahas persiapan USBN PAI. Foto: Eric

“Rapat ini bentuk kesiapan dan komitmen kami untuk mengawal proses pelaksanaan USBN khusus mata pelajaran PAI agar dapat berjalan dengan baik,” ujar Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kemenag Kota Bima, H Nurdin. .

Ia menuturkan, untuk kelancaran kegiatan tersebut, pihaknya membagi beberapa tim agar dapat memantau secara langsung. Agar nanti bisa dilaporkan kepada kanwil NTB juga Kementerian Agama, bahwa pelaksanaan USBN berjalan dengan baik dan tanpa hambatan.

Sesuai arahan Kementerian Agama pusat katanya, pelaksanaan USBN mengacu pada 3  instrumen penting. Di antaranya moderasi, yaitu menjalankan nilai Islam Rahmatan Lil Alamin, kemudian yang kedua menjalin kemitraan antara Kemenag dengan Dikbud Kota Bima selama pelaksanaan ujian serta mengintegrasikan data yang dimiliki harus valid dan akurat.

Nurdin menjelaskan, dengan rakor yang  rutin digelar jelang USBN, maka pihaknya dapat mengetahui hasil mutu pendidikan Agama Islam. Sehingga dapat memenuhi standar nasional yang telah ditetapkan pemerintah.

“Untuk meningkatnya mutu pendidikan, khusus PAI. Maka terlebih dahulu akan ada upaya peningkatan mutu guru, pengawas serta peningkatan fasilitas pendidikan,” bebernya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *