Tahun Ini, Jumlah Siswa Yang Mendaftar di SMAN 1 Meningkat

Kota Bima, Kahaba.- Hingga saat ini SMAN 1 Kota Bima masih disibukan dengan pendaftaran siswa baru. Rencananya, hari ini Selasa (10/7) batas terakhir untuk jalur umum atau zonasi.

Ketua panitia penerimaan siswa baru SMAN 1 Kota Bima Mansyur H Abidin. Foto: Bin

Ketua panitia penerimaan siswa baru SMAN 1 Kota Bima Mansyur H Abidin mengatakan, penerimaan siswa baru dibagi tiga tahap. Tahap pertama untuk jalur prestasi dibuka mulai tanggal 28 Juni – 29 Juni. Jumlah yang mendaftar sebanyak 104 orang, sementara yang akan diterima sebanyak 26 orang.

Kemudian tahap kedua yakni jalur pra sejahtera, dibuka mulai tanggal 2 Juli – 4 juli. Jumlahnya siswa yang mendaftar sebanyak 111 orang, lalu yang akan diterima sebanyak 52 orang.

Sementara untuk tahap ketiga jalur umum atau zonasi, pendaftaran dibuka tanggal 9 Juli – 10 Juli. Jumlahnya belum diketahui, karena sampai saat ini proses pendaftaran masih berlangsung. Kemudian yang akan diterima sebanyak 245 orang.

“Dari sekian yang mendaftar, SMAN 1 Kota Bima hanya memiliki daya tampung siswa sebanyak 320,” sebutnya.

Untuk pengumuman kelulusan sambung Mansyur, pengumuman untuk tahap pertama yakni jalur prestasi diumumkan tanggal 30 Juli. Kemudian pengumuman jalur pra sejahtera tanggal 5 Juli, dan jalur umum diumumkan tanggal 12 Juli.

“alhamdulillah selama proses pendaftaran tidak ada kendala,” katanya.

Ia mengakui, sebelum adanya zonasi, setiap tahun jumlah siswa yang mendaftar mencapai ribuan. Tapi sekarang, jumlahnya hanya sekitar 500 – 600 siswa.

“Meski demikian, jumlah siswa yang mendaftar tahun ini meningkat dari tahun lalu. Karena sebelumnya akibat awal – awal pengaruh zonasi, SMAN 1 kekurangan sebanyak 7 orang siswa,” tuturnya.

Mansyur menambahkan, proses kelulusan siswa ditentukan oleh kantor Dikpora Provinsi NTB. Pihaknya hanya menerima pendaftaran dan melakukan verifikasi bahan.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *